Parlemen Taiwan Setujui RUU Perkawinan Homoseksual

RUU tersebut memberikan pasangan homoseksual hak penuh sebagaimana pasangan heteroseksual yang menikah

Parlemen Taiwan Setujui RUU Perkawinan Homoseksual

Terkait

Hidayatullah.com–Anggota parlemen Taiwan hari Jumat (17/5/2019) menyetujui rancangan undang-undang yang membolehkan “persatuan permanen” bagi pasangan sesama jenis dan membolehkan mereka “mendaftarkan perkawinan” di kantor-kantor pemerintah.

Taiwan merupakan negara pertama di Asia yang melegalisasi perkawinan sesama jenis.

Baca: 300 Mahasiswa Indonesia diduga Korban Kerja Paksa di Taiwan 

Mahkamah agung negara itu tahun 2017 menyatakan bahwa melarang pasangan sesama jenis berkawin merupakan tindakan inkonstitusional. Keputusan itu memberikan waktu dua tahun kepada pemerintah untuk membuat peraturan pelengkapnya yang sejalan atau hukum perkawinan sesama jenis secara otomatis berlaku.

Baca:  Secangkir Kopi Presiden Taiwan Sebabkan Kerugian 120 Juta

RUU tersebut memberikan pasangan homoseksual hak penuh sebagaimana pasangan heteroseksual yang menikah, seperti soal perpajakan, asuransi dan perwalian anak.

Politisi-politisi konservatif dikabarkan berusaha menghapuskan kata-kata yang merujuk pada pernikahan dan mengusulkan pemakaian istilah lain untuk menyebut “persatuan permanen” pasangan homoseksual, lansir DW.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !