Partai Sosialis PM Spanyol Pedro Sanchez Menang Pemilu

Partai Sosialis PM Spanyol Pedro Sanchez Menang Pemilu

Terkait

Hidayatullah.comPerdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez tampak sangat bergembira ketika menemui para pendukungnya Senin dini hari (29/4/2019) setelah Partai Sosialis PSOE memenangkan pemilu ketika Spanyol dalam empat tahun.

Hasil resmi menunjukkan partainya Sanchez memenangkan 123 kursi di parlemen (29% suara), tetapi gagal menjadi mayoritas (176 kursi), lapor Euronews.

Sementara itu partai sayap kanan, konservati Partai Rakyat (PP) –yang menguasai pemerintahan Spanyol sampai 2018 setelah mendapatkan mosi tidak percaya– mengalami penurunan jumlah perolehan kursi dari 137 menjadi hanya 66.

Vox meraih 24 kursi, menjadikannya partai kanan-jauh pertama yang akan memasuki parlemen Spanyol sejak era 1970-an.

Partai kanan-tengah Ciudadanos meraih 57 kursi dan kiri-jauh Unidas Podemos memenangkan 35 kursi.

Blok sayap-kiri yang terdiri dari PSOE dan Podemos dengan demikian berhadapan dengan blok sayap-kanan di parlemen yang terdiri dari PP, Ciudadanos dan Vox.

Berbicara kepada para reporter usai hasil perhitungan suara diumumkan, pimpinan Podemos Pablo Iglesias mengatakan partainya dan Sosialis (PSOE) sudah berketetapan untuk bekerja sama dalam sebuah pemerintahan koalisi.

Guna mempertahankan kekuasaannya, Sanchez harus membentuk aliansi, tidak hanya dengan sayap-kiri Podemos, tetapi setidaknya juga dengan satu partai separatis dari Catalonia.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !