Presiden Bolsonaro Tak mau Brazil Jadi Surga Kaum Gay

Presiden Bolsonaro Tak mau Brazil Jadi Surga Kaum Gay

Terkait

Hidayatullah.comPresiden Jair Bolsonaro dihujani kritik karena bersikeras menyatakan tidak ingin Brazil menjadi surga bagi wisatawan kaum gay.

“Jika kalian ingin datang ke sini berhubungan seks dengan wanita, silahkan saja,” kata Bolsonaro seperti dikutip BBC Jumat (26/4/2019) dari majalah Crusoe.

“Brazil tidak bisa menjadi bagi kaum gay dunia, pariwisata gay. Kita di sini memiliki keluarga,” imbuhnya.

Bolsonaro kabarnya mengutarakan pernyataan itu dalam acara jamuan makan pagi dengan para reporter di ibukota Brasilia.

Mendengar komentar Bolsonaro itu, pihak-pihak pro-homoseksual langsung angkat bicara.

“(Yang seperti) ini bukan seorang kepala negara – ini aib bagi bangsa,” kata David Miranda, seorang anggota dewan di Rio de Janiero dalam wawancara dengan koran The Guardian, seraya menyebut Bolsonaro telah mencoreng citra negara Brazil.

Patut diketahui, sejumlah kota besar di Brazil rutin melakukan parade kaum pencinta sesama jenis dan transgender. Kota bisnis Sao Paulo sejak 1997 rutin menggelar parade kaum gay, yang setiap tahun menarik minat ribuan orang dari dalam dan luar negeri.

Presiden Brazil yang berusaha merekatkan hubungan negaranya dengan Amerika Serikat dan Israel itu sebelumnya diketahui mengutarakan pernyataan yang dianggap bernuansa homofobia, misoginistik dan rasis.

Dalam wawancara-wawancara sebelumnya dengan media dia pernah mengatakan lebih baik putranya meninggal dunia daripada putranya menjadi seorang homoseksual.

Akibat pernyataan-pernyataannya itu, awal bulan ini American Museum of Natural History di New York membatalkan acara pemberian anugerah kepada Bolsonaro yang rencana digelar di museum tersebut.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !