Korban Tewas Akibat Banjir di Iran Mencapai 79 Orang

Sekitar 14 ribu kilometer jalan rusak dan lebih dari 700 jembatan hancur total oleh tanah longsor serta banjir

Korban Tewas Akibat Banjir di Iran Mencapai 79 Orang
Tasnim/Handout via Reuters
Banjir bandang di Shiraz. Iran.

Terkait

Hidayatullah.com—Sebanyak 79 orang tewas dan 1.000 lainnya luka akibat hujan dan banjir tanpa henti di Iran, ujar pejabat pada hari Senin.

Sebagaimana diketahui, beberapa provinsi Iran telah mengalami kerusakan akibat gelombang deras sejak bulan lalu.

“Banjir telah melanda 25 provinsi dan berdampak pada 10 juta warga baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujar pejabat Direktorat Jenderal Penanggulangan Bencana Iran Ali Bahtiyari Bakhtiari, lansir media lokal dikutip Anadolu.

Ali bahtiyari mengatakan, hujan telah menyebabkan kerusakan di 235 kota dan 4.304 desa di seluruh Iran.

“Banjir telah membuat 400.000 orang meninggalkan rumah mereka dan merusak 40.000 tempat tinggal,” ujarnya.

Musibah banjir yang disebabkan oleh hujan lebat di seluruh Iran dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan kerugian mencapai 2,5 miliar dolar AS. Banjir tersebut telah merusak jalan, jembatan, rumah, dan lahan pertanian.

“Banjir seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, 25 provinsi dan 4.400 desa telah terkena dampaknya,” ujar Menteri Dalam Negeri Iran, Abdolreza Rahmani Fazli dilansir kantor berita IRNA, Ahad (14/4).

Sebelum ini,Menteri Pembangunan Jalan dan Perkotaan Iran, Mohammad Eslami mengatakan, sekitar 14 ribu kilometer jalan rusak dan lebih dari 700 jembatan hancur total oleh tanah longsor serta banjir. Pemerintah menyatakan akan membayar kompensasi kepada masyarakat yang telah mengalami kerugian, terutama petani.

Anggaran Iran yang telah diperketat menyusul sanksi yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) terhadap sektor energi dan perbankan. Hal ini menyebabkan membatasi akses Iran untuk menerima pendapatan di luar negeri.

Morteza Shahidzadeh, Kepala Dana Kekayaan Iran, mengatakan, Presiden Hassan Rohani telah meminta izin dari Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei untuk menarik dana senilai 2 miliar dolar AS yang akan digunakan untuk rekonstruksi daerah-daerah yang terkena banjir. Shahidzadeh mengatakan, Khamenei pada prinsipnya menyetujui permintaan tersebut.

Banjir telah melanda Iran pada 19 Maret 2019, dan menewaskan 76 orang. Sementara, 220 ribu orang berada di pengungsian. Angkatan bersenjata telah dikerahkan untuk membantu penanggulangan dampak banjir.*

Rep: Ahmad

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !