Amazon akan Tutup Toko Online di China

Amazon akan Tutup Toko Online di China

Terkait

Hidayatullah.comAmazon berencana akan menutup toko online miliknya di China yang memungkinkan pembeli berbelanja dari penjual lokal seiring dengan penyusutan operasi yang dilakukannya di negara itu.

Amazon mengatakan tidak lagi akan mengelola toko domestiknya mulai Juli, tetapi para pembeli China masih akan dapat berbelanja lewat toko online global Amazon.

Amazon juga masih akan menjalankan bisinis cloud-nya di China.

Dilansir BBC Jumat (18/4/2019), Reuters pertama kali melaporkan rencana penutupan bisnis Amazon itu akan dilakukan pada pertengahan Juli dan lebih memusatkan perhatian pada bisnis penjualan mancanegara serta layanan cloud computing yang melayani berbagai klien korporat di seluruh dunia.

Konsumen yang mengakses web portal Amazon China setelah tanggal 18 Juli akan melihat tampilan sejumlah produk yang ditawarkan toko online global Amazon, lapor Bloomberg.

Amazon membeli Joyo.com –sebuah peritel buku, musik dan video China– dengan harga $75 juta pada tahun 2004. Amazon kemudian mengubahnya menjadi Amazon.cn pada tahun 2007.

Akan tetapi di lapangan, perusahaan asal Amerika Serikat itu menghadapi persaingan berat dengan rival lokalnya seperti Alibaba dan JD.com.

Sementara Amazon menutup toko online lokalnya di China, perusahaan milik Jeff Bezos itu mengucurkan dana $5,5 miliar dalam upayanya menguasai bisnis e-commerce di India, di mana mereka harus berhadapan dengan rival lokal Flipkart.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !