Dompet Dakwah Media

Dewan Militer Sudan Tak Akan Serahkan Eks Presiden Bashir ke Negara Lain

Dewan Militer Sudan Tak Akan Serahkan Eks Presiden Bashir ke Negara Lain
Presiden Sudan Omar Al-Bashir.

Terkait

Hidayatullah.comDewan Militer sebagai penguasa Sudan yang baru mengatakan bahwa Omar Al-Bashir yang mereka singkirkan dari kursi kepresidenan tidak akan diekstradisi ke negara lain selama mereka berkuasa.

Dilansir DW, hari Jumat (12/4/2019) Dewan Militer Sudan mengatakan bahwa Omar Al-Bashir tidak akan diserahkan ke negara lain, tetapi dia akan diadili di dalam negeri.

Mantan presiden Al-Bashir, yang juga duduk di kursi presiden berkat kudeta militer 30 tahun silam, telah ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus genosida di daerah Darfur oleh Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC), lembaga peradilan bentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berkedudukan di Den Haag, Belanda.

Omar Zein Abedeen, ketua komite politik dalam Dewan Militer, dalam pengumumannya juga berusaha menenangkan rakyat yang menolak militer berkuasa dan menuntut agar pemerintahan diserahkan ke tangan sipil.

“Kami tidak memiliki ambisi sama sekali untuk melanggengkan kekuasaan ini,” kata Abedeen kepada awak media dalam konferensi pers di ibukota Khartoum.

“Kami berada di sini untuk mencari solusi yang yang diterima dan disetujui oleh rakyat,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa Dewan Militer dibentuk semata untuk mengembalikan keamanan, stabilitas dan ketertiban publik, sampai solusi itu ditemukan.

Abedeen juga menarik pengumuman Dewan Militer yang disampaikan hari Kamis (11/4/2019) yang menyebutkan bahwa militer akan memegang pemerintahan di Sudan untuk periode 2 tahun sebelum digelar pemilu-pemilu. Dia mengatakan bahwa Dewan Militer akan segera dibubarkan secepatnya setelah solusi krisis di negeri itu ditemukan.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !