Satu Jet Tempur F-35 Jepang Jatuh ke Samudera Pasifik, Sisanya Masuk Kandang

Satu Jet Tempur F-35 Jepang Jatuh ke Samudera Pasifik, Sisanya Masuk Kandang
Pesawat tempur F-35 Jepang.

Terkait

Hidayatullah.com—Bangkai pesawat tempur siluman F-35 milik Jepang berhasil ditemukan, sehari setelah menghilang dari pantauan radar di atas Samudera Pasifik.

Akan tetapi, pilot jet tempur itu masih hilang, kata pejabat militer Jepang.

Puing-puing pesawat itu ditemukan saat pencarian di laut. Tidak diketahui mengapa pesawat itu, yang baru berusia kurang dari setahun, kehilangan kontak dan jatuh.

Jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin Amerika Serikat itu menghilang pada pukul 7:27 malam (10:27 GMT) hari Selasa ketika terbang 135km sebelah timur Misawa, sebuah kota di bagian timur laut Jepang. Pesawat itu kehilangan kontak sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa.

Sebelumnya tidak ada masalah yang pernah dilaporkan dialami jet tempur itu, menurut lembaga penyiaran publik Jepang NHK seperti dilansir BBC Rabu (10/4/2019).

Tim penyelamat masih terus melakukan pencarian guna menemukan pilotnya yang dikabarkan seorang pria berusia 40-an tahun, lapor situs berita Kyodo.

Jepang menggunakan pesawat-pesawat F-35, yang berharga sedikitnya $90 juta per unit, sebagai pengganti jet-jet tempur F-4 miliknya yang sudah tua.

Negara itu sekarang mengandangkan 12 pesawat F-35 lain miliknya untuk sementara di Pangkalan Misawa, menurut keterangan Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya.

Ini merupakan yang kedua kalinya F-35 jatuh, sejak pesawat tersebut dilepas ke udara, menurut Reuters*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !