Malu Moyangnya Pendukung Nazi Keluarga Miliarder Jerman Donasikan $11 Juta

Malu Moyangnya Pendukung Nazi Keluarga Miliarder Jerman Donasikan $11 Juta

Terkait

Hidayatullah.com—Salah satu keluarga terkaya di Jerman mengatakan bahwa mereka akan mendonasikan $11 juta untuk kegiatan amal setelah mengetahui bahwa moyang keluarganya memiliki keterkaitan dengan rezim Nazi.

Dilansir DW dari koran Bild am Sonntag Senin (25/3/2019), keluarga Reimann pemilik JAB Holding Comany merupakan pengendali sejumlah merk produk ternama, antara lain Panera Bread dan Krispy Kreme Doughnuts.

Laporan Bild am Sonntag menyoroti kehidupan Albert Reimann Sr dan Albert Reimann Jr serta perusahaan kimia industri milik mereka di kota Ludwigshafen semasa Nazi. Dipaparkan dalam laporan tersebut bahwa Reimann menggunakan warga sipil Rusia dan narapidana Prancis sebagai tenaga buruh paksa di pabrik dan vila milik pribadi mereka. Keduanya adalah pendukung terang-terangan rezim Adolf Hitler dan memiliki pandangan anti-Semit.

Reimann Sr disebut mendonasikan uangnya untuk pasukan paramiliter Hitler SS awal tahun 1931.

Reimann Jr dikabarkan pernah mengirimkan surat kepada Walikota Ludwigshafen berisi keluhan yang mengatakan bahwa narapidana Prancis tidak bekerja cukup keras.

Peter Harf, jubir JAB Holding Company, mengkonfirmasi laporan Bild am Sonntag tersebut.

“Reimann Sr dan Reimann Jr bersalah. Kedua pengusaha itu sudah wafat, tetapi mereka sebenarnya layak dipenjara,” kata Harf kepada Bild, seraya menyebut kejahatan yang mereka lakukan sungguh menjijikkan.

Menurut Harf, Reimann Sr yang wafat tahun 1954 dan Reimann Jr yang wafat tahun 1984 tidak pernah membahas perihal keterkaitan mereka dengan Nazi. Setelah membaca dokumen-dokumen lawas milik keluarga, generasi muda keluarga Reimann meminta seorang ahli sejarah dari Universitas Munich unruk mempelajari sejarah keluarga mereka lebih lengkap.

Keluarga itu belum memutuskan organisasi amal mana saja yang akan mendapatkan donasi yang dijanjikannya. Namun, begitu laporan sejarah keluarganya lengkap mereka bermaksud akan memberitahukannya kepada publik.

JAB Holding Company antara lain memiliki investasi di sejumlah restoran besar dan merk ternama di Amerika Serikat. Sebut saja di antaranya Calgon, Krispy Kreme Doughnuts, Panera Bread, Peet’s Coffe, Dr. Pepper, Keurig Green Mountain, Caribou Coffee Co., Clearasil dan sejumlah perusahaan lainnya. Kekayaan keluarga itu ditaksir mencapai 33 miliar euro.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !