Resolusi PBB Janji Kurangi Plastik Pada 2030

Resolusi PBB Janji Kurangi Plastik Pada 2030

Terkait

Hidayatullah.com–Sebanyak 170 negara berjanji akan mengurangi penggunaan plastik secara signifikan pada 2030.

Setelah pembicaraan selama 5 hari di UN Environment Assembly di Nairobi, Kenya, sebuah reolusi tidak mengikat dibuat perihal penggunaan palstik sekali pakai seperti tas kresek, lapor BBC Sabtu (16/3/2019).

Usulan awal untuk menghentikan penggunaan plastik sekali pakai pada 2025 ditentang oleh sejumlah negara termasuk Amerika Serikat.

Lebih dari 8 ton plastik setiap tahun memasuki wilayah perairan di seluruh dunia.

“Sulit untuk menemukan sau solusi yang berlaku bagi semua negara anggota,” kata Siim Kiisler, pimpinan pertemuan PBB itu, kepada awak media sebelum pemungutan suara.

“Lingkungan hidup saat ini sedang berada di titik balik. Kita tidak membutuhkan dokumen yang bertele-tele, kita butuh komitmen nyata.”

Lebih dari 4.700 delegasi –termasuk menteri-menteri lingkungan hidup– ilmuwan dan tokoh-tokoh bisnis, ambil bagian dalam pertemuan itu.

Serangkaian komitmenlain juga diteken dalam pertemuan itu, termasuk pengurangan sampah makanan dan konsultasi dengan penduduk pribumi tentang perkembangan regulasi baru.

Majelis itu merupakan badan urusan lingkungan hidup internasional tertinggi, dan resolusi yang dibuat pekan ini akan menjadi bahasan utama dalam Climate Action Summit bulan September mendatang.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !