Volvo Batasi Kecepatan Maksimal Mobil Produksinya

Volvo Batasi Kecepatan Maksimal Mobil Produksinya

Terkait

Hidayatullah.com–Perusahaan otomotif asal Swedia Volvo mengatakan bahwa pihaknya menetapkan batas atas kecepatan kendaraan baru buatannya 180 km/jam demi keselamatan pengguna jalan raya.

Keputusan itu merupakan bagian dari inisiatif Volvo’s Vision 2020 guna mengeliminasi korban jiwa dan luka serius penumpang kendaraannya. Namun, perusahaan sepertinya tidak akan memenuhi targetnya tanpa ada tindakan tambahan untuk mengatasi perilaku pengemudi, kata CEO Volvo Hakan Samuelsson.

Kami sadar bahwa untuk menutup kesenjangan yang ada kami harus memberikan perhatian lebih pada faktor manusia,” kata Samuelsson kepada Reuters hari Senin (4/3/2019).

Para pembeli Volvo biasanya memilih merek itu karena dikenal sangat memperhatikan keselamatan penggunanya. Batas atas kecepatan kendaraan produksi Volvo saat ini 130 km/jam.

Menurut pihak perusahaan, jumlah korban pengguna kendaraannya sudah lebih rendah dibanding rata-rata kecelakaan industri otomotif sebelum rencana kebijakan itu diumumkan pada tahun 2007.

Samuelsson mengatakan bahwa selain membatasi maksimal kecepatan, kendaraan baru buatan Volvo akan dilengkapi kamera pemantau kondisi kesigapan pengendara, yang akan menghalangi orang yang tidak layak mengemudi –misalnya mabuk atau teler– dari menjalankan kendaraannya.

Volvo, yang dimiliki oleh perusahaan otomotif asal China Geely, juga akan mengembangkan perangkat lunak untuk membatasi kecepatan kendaraan ketika melintas dekat sekolah dan rumah sakit.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !