Belanda Tarik Duta Besarnya dari Iran

Belanda Tarik Duta Besarnya dari Iran
Dubes Belanda untuk Iran Stef Blok.

Terkait

Hidayatullah.com—Belanda menarik duta besarnya dari Iran hari Senin (4/3/2019) setelah pemerintah Teheran mengusir dua staf diplomatnya.

“Pemerintah telah memutuskan menarik dubes Belanda di Teheran untuk konsultasi,” kata Menteri Luar Negeri Stef Blok dalam sebuah pernyataan seperti dilansir DW. “Keputusan ini menyusul pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri Iran bahwa dua diplomat Belanda di kedutaan di Teheran telah dinyatakan sebagai persona non grata dan harus meninggalkan negara itu.”

Iran mengusir diplomat Belanda itu pada bulan Februari di tengah-tengah pertikaian kedua negara tentang pembunuhan dua disiden Iran pada tahun 2015 dan 2017.

Kementerian Luar Negeri mengatakan tindakan Iran itu sendiri merupakan balasan setimpal atas pengusiran yang dilakukan Belanda terhadap dua pekerja Kedutaan Iran pada Juni 2018 “dikarenakan indikasi kuat dari [intelijen Belanda] bahwa Iran telah terlibat dalam likuidasi dua warga Belanda asal Iran di teritori Belanda.”

Uni Eropa bulan lalu menyetujui sanksi atas dua warga negara Iran atas keterlibatan mereka dalam percobaan pembunuhan yang gagal di Prancis dan Denmark. Dua orang itu adalah Assadollah Asadi dan Saeid Hashemi Moghadam. Asadi seorang diplomat yang ditugaskan di Kedutaan Iran di Wina, Austria, yang ditangkap tahun 2018 dan diekstradisi ke Belgia. Moghadam adalah seorang wakil kepala di Kementerian Intelijen dan Keamanan Iran.

Pemerintah Teheran membantah tudingan terlibat dalam upaya pembunuhan di Eropa.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !