Vandal di Dublin Penggal dan Curi Kepala Mumi Prajurit Perang Salib Berusia 800 Tahun

Vandal di Dublin Penggal dan Curi Kepala Mumi Prajurit Perang Salib Berusia 800 Tahun
St Michan's Church di Dublin, Irlandia, dan ruang makam bawah tanah di dalamnya.

Terkait

Hidayatullah.com—Sekelompok vandal menerobos masuk ke dalam makam ruang bawah tanah di sebuah gereja di Dublin, hari Senin (25/2/2019), merusak sejumlah jasad sebelum akhirnya memenggal dan mencuri kepala mumi seorang prajurit Perang Salib.

Uskup Agung Dublin Diarmuid Martin mengatakan dirinya “sangat terkejut” setelah mendengar kabar peristiwa yang terjadi di St Michan’s Church di ibukota Irlandia itu.

“Tidak hanya orang-orang ini telah menodai kesakralan makam bawah tanah tersebut tetapi mereka juga telah merusak mumi-mumi bersejarah yang telah dilestarikan di St Michan’s selama ratusan tahun,” kata Martin dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Euronews.

“Saya meminta kepada mereka yang bertanggung jawab untuk merenungkan perbuatannya dan mengembalikan kepala prajurit Perang Salib itu ke tempatnya semula,” kata Uskup Agung Dublin itu.

Menurut Gereja Irlandia, sisa-sisa jasad seorang biarawati yang telah dimakamkan 400 tahun juga dirusak dalam kejadian itu.

“Tindakan orang-orang ini dahsyat dan asusila,” kata Wakil Uskup Gereja Anglikan David Pierpoint, vikaris dari Christ Church Cathedral Group of Parishes.

“Tidak hanya itu, makam bawah tanah ini juga harus ditutup sehingga wisatawan tidak dapat berkunjung. Ini sangat mengecewakan,” imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya gereja tersebut menjadi korban tangan-tangan jahil kelompok vandal. Pada tahun 2016, sekelompok vandal merusak mumi-mumi yang ada di sana guna mencari barang-barang berharga yang biasa dikuburkan bersama mayat, lapor RTE.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !