Partai Rasis Anti-Islam AfD Menang Perkara atas Initelijen Jerman

Partai Rasis Anti-Islam AfD Menang Perkara atas Initelijen Jerman

Terkait

Hidayatullah.com—Partai beraliran kanan jauh Alternatif untuk Jerman (Alternative für Deutschland) memenangkan gugatan hukum atas dinas intelijen dalam negeri hari Selasa (26/2/2019), lansir DW.

Partai rasis yang juga anti-Islam itu mengeluh bahwa lembaga intelijen domestik Jerman BfV secara terang-terang menyatakan organisasinya sebagai “test case”.

Klasifikasi “test case” itu artinya BfV dapat menggunakan materi open-source atau singkatnya materi dari mana saja untuk menyelidiki apakah partai itu berpotensi menimbulkan ancaman terhadap keamanan negara dan konstitusi. Pihak berwenang bisa menyatakan partai itu sebagai “test case” jika mereka melihat adanya bibit-bibit ekstrimisme.

Akan tetapi, Pengadilan Administrasi Cologne menyatakan bahwa BfV gagal memberikan justifikasi dari kebijakannya itu dan hanya semata mengandalkan “serpihan-serpihan kecurigaan”.

BfV mengumumkan klasifikasi “test case” untuk AfD itu pada konferensi pers bulan Januari. Pengadilan menyatakan bahwa istilah “test case” itu “menimbulkan efek negatif” di masyarakat terhadap AfD.

Menanggapi keputusan itu pimpinan AfD Jörg Meuthen berkata, “Keputusan tersebut jelas menunjukkan bahwa tindakan dari BfV dan khususnya presidennya (Thomas Haldenwang) tidak sesuai dengan prinsip penegakan hukum,” seraya menambahkan bahwa tindakan bermotif politiknya itu untuk sekarang gagal.

Jubir AfD Björn Höcke menyeru agar pimpinan badan intelijen domestik itu mengundurkan diri, dengan mengatakan bahwa dia telah merusak keseluruhan citra BfV.

Keputusan tersebut masih dapat diajukan ke pengadilan banding.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !