PM Jepang Nominasikan Trump sebagai Penerima Nobel atas Permintaan Amerika Serikat

PM Jepang Nominasikan Trump sebagai Penerima Nobel atas Permintaan Amerika Serikat

Terkait

Hidayatullah.com—Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menominasikan Presiden Donald Trump untuk mendapatkan Nobel Perdamaian musim gugur lalu setelah menerima permintaan dari pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan hal tersebut, lapor koran terkemuka Jepang Asahi hari Ahad (17/2/2019) seperti dilansir Reuters.

Laporan Asahi itu muncul setelah hari Jumat (15/2/2019) membuat klaim bahwa PM Abe telah menominasikan dirinya sebagai calon penerima hadiah Nobel Perdamaian atas perannya membuka dialog dan mengurangi ketegangan dengan Korea Utara.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih Trump mengatakan bahwa pemimpin Jepang itu telah memberikan kepadanya “salinan paling indah” dari sebuah surat lima halaman perihal nominasi dirinya tersebut.

Seorang jubir Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo mengatakan pihaknya mengetahui perihal pernyataan Trump tu, tetapi tidak ingin berkomentar perihal interaksi antara kedua pemimpin tersebut.

Gedung Putih juga tidak memberikan pernyataan ketika dimintai komentarnya oleh Reuters.

Menurut situs Nobel Foundation, nominasi untuk penerima Nobel Perdamaian bisa diajukan oleh siapa saya yang memenuhi kriteria, termasuk para pemimpin negara yang sedang berkuasa. Berdasarkan aturan yang dibuat yayasan, nama-nama orang yang tidak berhasil mendapatkan penghargaan itu atau gagal dalam penominasiannya tidak dapat diungkap ke publik selama 50 tahun.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !