Polisi Prancis Cegat Tokoh Rompi Kuning Menyeberang ke Italia

Polisi Prancis Cegat Tokoh Rompi Kuning Menyeberang ke Italia
Maxime Nicolle (bertopi), tokoh gerakan Rompi Kuning di Prancis.

Terkait

Hidayatullah.com—Unjuk rasa rakyat Prancis yang mengenakan rompi berwarna kuning memasuki pekan ke-13 hari Sabtu (9/2/2019).

Dilansir Euronews, meskipun jumlah peserta agak menurun, diperkirakan antara 50 sampai lebih dari 100 ribu orang, tetapi konfrontasi dengan aparat keamanan semakin intens. Seorang demonstran kehilangan empat jari tangannya, yang menurut para saksi orang itu berusaha menangani granat sting-ball yang dilemparkan polisi.

Di bagian selatan Prancis, polisi memblokir tokoh Rompi Kuning Maxime Nicolle yang berusaha menyeberang ke Italia untuk menggalang kekuatan dengan para demonstran Italia.

“Pemerintah Prancis dan Italia memiliki perbedaan-perbedaan,” kata pria itu. “Namun, antara rakyat Prancis dan Italia tidak ada masalah.”

Meskipun demikian Nicolle menjaga jarak dari dukungan yang dilontarkan Wakil PM Italia Luigi Di Maio, dengan mengatakan bahwa para politisi mendukung sebuah gerakan padahal mereka sendiri tidak mengenal benar tentang gerakan tersebut.

Sebagian kalangan menuding Luigi DI Maio mendompleng popularitas Rompi Kuning guna mendapatkan dukungan dan simpati politik dari rakyat Italia.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !