Banyak Merokok, Ayah di Spanyol Kehilangan Hak Asuh Anak

Banyak Merokok, Ayah di Spanyol Kehilangan Hak Asuh Anak

Terkait

Hidayatullah.com–Seorang ayah di Spanyol kehilangan hak asuh anak-anaknya setelah pengadilan di Cordoba memutuskan bahwa kebiasaannya merokok membahyakan kesehatan anak-anaknya.

Sang ayah berbagi hak asuh anak-anaknya, berusia 10 dan 13 tahun, dengan istrinya sejak bercerai pada 2017.

Anak-anak itu mengeluh karena harus tinggal di rumah penuh dengan asap rokok. Menurut surat keputusan pengadilan yang dilihat Euronews Rabu (6/2/2019), anak lelaki sulung menceritakan bahwa ayahnya tidur di kasur di kamar ber-AC setelah merokok di sana.

Dalam surat keputusan itu dikatakan bahwa jelas terbukti si ayah itu tidak mempedulikan kesehatan anak-anaknya dan mengabaikan semua kecuali kecanduan merokoknya.

Hakim dalam surat keputusannya menggarisbawahi bahwa si ayah lebih memprioritaskan kebiasaannya merokok daripada kesehatan anak-anaknya.

Di Spanyol, UU antitembakau tahun 2011 melarang orang merokok di ruang publik yang tertutup, di akses rumah sakit, sekolah, taman anak bermain dan di ruang tertutup di bandara. Kala itu UU tersebut dianggap salah satu peraturan paling ketat terkait tembakau, tetapi tidak menyinggung soal larangan merokok di dekat anak-anak di ruang privat, seperti kendaraan pribadi dan di rumah.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !