Kerabat dan Teman Narapidana Memprotes Kondisi Penjara Brooklyn

Kerabat dan Teman Narapidana Memprotes Kondisi Penjara Brooklyn

Terkait

Hidayatullah.com—Kerabat dan teman para narapidana yang tidak mendapatkan aliran lisrik atau pemanas ruangan di sebuah penjara di New York menggelar unjuk rasa memprotes kondisi rumah tahanan itu.

Demonstran berkumpul di luar Metropolitan Detention Center, sebuah penjara federal di Brooklyn, seraya berteriak: “Mana pemanasnya?”

Kebanyakan narapidana tidak dapat mengontak dunia luar selama berhari-hari, akibat putusnya sebagian aliran listrik.

Anggota-anggota Kongres yang mengunjungi penjara itu hari Sabtu (2/2/2019) menyebut situasi di sana seperti “mimpi buruk”, lansir BBC.

“Rasanya seperti tinggal di kamar kecil tanpa cahaya,” kata Nydia Velazquez, politisi Demokrat yang distrik daerah perwakilannya mencakup penjara itu. Dia menjelaskan bahwa kondisi dalam penjara dingin, dengan suhu udara mencapai 9,5 derajat Celcius.

Pihak berwenang mengatakan bahwa kondisi itu diakibatkan oleh putusnya sebagian aliran lisrik, karena panel listrik rusak akibat kebakaran. Api merusak panel yang seharusnya dipakai untuk menyalakan generator cadangan.

Federal Bereau of Prisons mengatakan petugas sedang bekerja untuk sesegera mungkin memulihkan aliran listrik, seraya menambahkan “para narapidana mendapatkan air panas untuk mandi dan air panas di wastafel di dalam sel. Kebutuhan esensial pribadi dan pelayanan medis terus diberikan.”

Biro itu juga mengatakan bahwa bangunan penjara tersebut memiliki lampu darurat.

Wali Kota New York Bill de Blasio hari Sabtu malam lewat Twitter mengecam pihak berwenang federal atas kondisi tersebut dan mengatakan bahwa pemerintah kotanya telah memberikan selimut kepada para narapidana.

Metropolitan Detention Center itu saat ini menampung lebih dari 1.600 narapidana.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !