Laba Minim Tesla akan PHK 3.000 Pekerja

Laba Minim Tesla akan PHK 3.000 Pekerja

Terkait

Hidayatullah.com—Produsen mobil listrik Tesla berencana melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap lebih dari 7 persen pegawai purna waktunya, sebab masa depan yang dihadapinya akan “sangat sulit,” menurut email yang dikirimkan CEO Tesla Elon Musk kepada para pekerjanya.

Dilansir RT Jumat (18/1/2019), dalam surat yang dipublikasikan di website Tesla itu, Musk menyebut soal laba “minim” perusahaan dan tekanan untuk meluncurkan kendaraan berharga rendah Model 3 “di seluruh pasar” sebagai alasan utama keputusan PHK. Dia menekankan bahwa perusahaan itu, yang lebih muda dibanding perusahaan lain dalam industri yang sama, akan menghadapi kesulitan mencapai tujuan jangka panjangnya, yaitu menjual kendaraan yang menggunakan energi terbarukan dalam skala massal.

Tesla perlu melakukan pemangkasan ini sambil meningkatkan produksi Model 3 dan melakukan perbaikan yang banyak dalam rekayasa manufaktur dalam beberapa bulan ke depan,” kata Musk.

Kabar PHK itu diumumkan ssetelah sebelumnya pihak perusahaan mengumumkan kebijakan penghematan untuk menekan harga produknya dan meningkatkan laba.

Tahun lalu, Elon Musk membangga-banggakan perusahaannya itu yang mempekerjakan total 45.000 orang. Dari jumlah itu, berarti jika dilakukan PHK maka sekitar 3.150 orang akan kehilangan pekerjaannya. Musk tidak mengumumkan pekerja di bagian apa yang akan paling banyak terkena pengurangan pegawai, menunjukkan bahwa pemecatan bisa terjadi di bagian apapun dalam perusahaan otomotif itu.

Bagi mereka yang akan pergi, terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk mewujudkan misi kami. Saya sangat berterima kasih atas kontribusi kalian untuk Tesla. Kami tidak akan berada di posisi seperti sekarang itu tanpa kalian,” tulis Musk dalam emailnya.*

Rep: Ama Farah

Editor:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !