Gumpalan Lemak Setinggi Menara Pisa Ditemukan di Gorong-Gorong di Devon

Gumpalan Lemak Setinggi Menara Pisa Ditemukan di Gorong-Gorong di Devon
Gumpalan lemak "fatberg" ditemukan dalam gorong-gorong di Devon, Inggris.

Terkait

Hidayatullah.com—Gumpalan lemak raksasa yang terdiri dari kumpulan apa saja yang seharusnya tidak dibuang ke dalam toilet atau saluran pembuangan telah ditemukan di daerah Devon, Inggris.

South West Water (SWW) mengatakan gumpalan itu, yang diyakini berukuran terbesar yang pernah ditemukan di Devon, memiliki panjang 64 meter.

Sebagai gambaran, panjang gumpalan lemak itu 7 meter lebih panjang dibanding ketinggian menara miring yang berada di Pisa, Italia, atau 12 meter lebih panjang dari tinggi Nelson’s Column di London, dan 17 meter lebih panjang dari ketinggian monumen Arc de Triomphe di Paris.

Gumpalan lemak itu, yang dikenal dengan sebutan “fatberg” (meniru istilah iceberg), terdiri dari banyak sampah yang seharusnya tidak dibuang orang ke dalam toilet atau saluran pembuangan, seperti tisu basah, kapas pembalut dan popok, minyak, serta bermacam-macam lemak.

Kami butuh waktu beberapa pekan untuk mengenyahkannya,” kata Andrew Roantree, direktur SWW, dalam pernyataan berbentuk video yang diunggah di Twitter seperti dilansir Euronews Rabu (9/1/2019).

Pekerjaan untuk menyingkirkan gumpalan kotoran itu akan dimulai pada 4 Februari, di mana para pekerja akan menggunakan alat semprot berkekuatan tinggi, sekop, kapak, serta peralatan khusus lainnya.

Sumbatan berupa gumpalan lemak itu merugikan pelanggan 4,5 juta pound setahun, kata SWW memperingatkan.

Setiap kali tisu basah dibuang ke dalam toilet atau minyak dituang ke saluran pembuangan, benda-benda itu berisiko akan menyumbat saluran limbah. Hal ini akan menimbulkan masalah yang sangat tidak menyenangkan dan dapat terjadi di rumah-rumah anda sekalian,” kata SWW memperingatkan masyarakat.

Meskipun sangat besar, fatberg yang ditemukan di Devon itu belum mengalahkan gumpalan lemak sepanjang 250 meter yang ditemukan di gorong-gorong limbah di kota London pada tahun 2017.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !