Dubes Korsel untuk Italia Minta Suaka

Dubes Korut sebelumnya diusir dari Roma menyusul uji coba nuklir keenam Korea Utara yang melanggar resolusi PBB.

Dubes Korsel untuk Italia Minta Suaka

Terkait

Hidayatullah.com–Dubes Korea Utara untuk Italia Jo Song Gil dikabarkan meminta suaka untuk dirinya dan keluarganya ketika ditugaskan di Roma, lapor media Korsel hari Kamis (3/1/2018) mengutip sumber diplomatik di Seoul.

Dilansir DW, koran Joong Ang Ilbo melaporkan bahwa Jo Song Gil mengajukan suaka pada Desember 2018 setelah mendapatkan perintah pulang kembali ke Korea Utara.

Koran tersebut melaporkan para pejabat Italia “kelimpungan” dengan permintaaan itu, seraya menambahkan bahwa mereka “melindunginya di tempat aman.”

Baca:   Pembelotan 13 Karyawan Restoran Korut Dipaksakan Intelijen Korsel

Jo, diplomat Pyongyang tertinggi di Roma sejak Oktober 2017, mengajukan suaka ke sebuah negara Eropa yang tidak disebutkan namanya.

Dubes Korut sebelumnya diusir dari Roma menyusul uji coba nuklir keenam Korea Utara yang melanggar resolusi PBB.

Para pejabat Korsel belum dapat mengkonfirmasi kabar tersebut. “Kami masih mencari tahu,” kata seorang pejabat dari Kementerian Unifikasi, seraya menambahkan bahwa dinas intelijen juga belum mengkonfirmasi kabar tersebut.

Baca:   Jadi Mata-Mata Korea Utara, Anggota Senat Prancis Ditangkap

Apabila laporan itu benar, maka Jo menjadi pejabat Korut tertinggi yang membelot sejak 2016 ketika Thae Yong Ho, yang kala itu menjabat wakil dubes Korut untuk Inggris, meminta suaka ke Korea Selatan.

Kebanyakan diplomat Korut harus meninggalkan keluarganya di kampung halaman ketika mereka ditugaskan ke luar negeri, agar mereka tidak membelot.

Jo membawa serta istri dan keluarganya ketika datang ke Roma pada Mei 2015, yang menandakan bahwa kemungkinan besar dia berasal dari keluarga terpandang, lapor koran Korut.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !