Eks Diplomat Kanada Staf ICG Ditahan di China

Eks Diplomat Kanada Staf ICG Ditahan di China
Michael Kovrig, eks diplomat Kanada yang ditahan di China.

Terkait

Hidayatullah.com–Seorang mantan diplomat Kanada ditahan di China dan organisasi tempatnya sekarang bekerja mengatakan sedang mengupayakan pembebasannya.

International Crisis Group (ICG) mengatakan pihaknya “mengetahui kabar” perihal penahanan Michael Kovrig, lansir BBC Selasa (11/12/2018).

Perdana Menteri Trudeau mengatakan Kanada sedang melakukan kontak langsung dengan otoritas China terkait kasus terebut.

Kovrig sebelumnya pernah bekerja sebagai diplomat Kanada di Beijing, Hong Kong dan markas PBB di New York. Dia bekerja untuk Kementerian Luar Negeri Kanada antara tahun 2010 dan 2016. Dia ditempatkan di Hong Kong dan Beijing antara tahun 2012 dan 2016.

Kovrig sejak Februari 2017 bekerja sebagai penasihat senior Asia Timur Laut untuk International Crisis Group, wadah pemikir berbasis di Brussels yang fokus pada riset pengurangan konflik.

Kemenlu Kanada mengatakan “belum ada indikasi jelas bahwa penangkapan Kovrig berkaitan langsung dengan penangkapan kepala keuangan perusahaan Huawei Meng Wanzhou oleh aparat Kanada.

Meng, yang juga putri pendiri Huawei, ditangkap di Vancouver pada 1 Desember dengan tuduhan melanggar sanksi Amerika Serikat atas Iran.

Pemerintah Beijing meminta Kanada agar melepaskan Meng, jika tidak maka akan ada konsekuensinya.

Hari Selasa (11/12/2018) pengadilan membolehkan Meng keluar tahanan dengan uang jaminan 10 juta dolar Kanada dalam bentuk uang tunai dan kolateral.

Hakim menyatakan Meng akan diawasi 24 jam dan harus mengenakan alat pemantau elektronik di pergelangan kakinya. Dia tidak boleh keluar rumah mulai pukul 23:00 sampai 06:00 dan harus menyerahkan paspor dan semua dokumen perjalanannya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !