Masjid al Azhar Peringati Kelahiran Nabi dengan Pembacaan Riwayat Hadits

Muhaddits senior Mesir memberi ijazah ammah untuk para hadirin, baik laki-laki, perempuan, dan anak-anak

Masjid al Azhar Peringati Kelahiran Nabi dengan Pembacaan Riwayat Hadits
Zulfi/Hidayatullah.com
Majelis Periwayatan Hadits di Masjid Al-Azhar

Terkait

Hidayatullah.com–Bertepatan dengan 18 Rabiul Awwal 1440 H, dalam rangka memperingati Maulid Nabi ﷺ,  hari Senin, (26/11/2018), Masjid Al-Azhar mengadakan Majelis Periwayatan Hadits.

Acara yang digelar usai shalat Ashar di Zillah Fatimiyah, di ruang utama masjid ini dihadiri oleh Syeikh Ahmad Ma’bad, muhaddits senior Mesir, dan dihadiri oleh ulama Al-Azhar lainnya, seperti: Syeikh Abdus Shomad Muhanna selaku penanggungjawab Ruwaq Al-Azhar, Syeikh Fathi Hijazi selaku Guru Besar Bahasa Arab, Syeikh Ali Sholeh Ja’fari, selaku Guru Besar Bahasa Arab, dan Syeikh Abdul Aziz Asy-Syahawi selaku Guru Besar Syafi’iyyah.

Majlis yang diadakan di bulan ” Rabiul Anwar ” itu juga dihadiri tamu spesial, dua ulama dari Makkah dan Iraq, Syeikh Syarif Hatim Al-‘Auni, dosen Ummul Qura Makkah, dan Syeikh Rafi’ Thoha Ar-Rifa’i, selaku Mufti Negara Iraq.

“Selain memperingati kelahiran baginda Nabi ﷺ, acara ini juga wadah untuk mengenalkan kembali akhlak beliau. Bagaimana kedermawannya, keberaniannya, dll”, kata Syeikh Aiman Hajjar, pembawa acara.

Baca: Al Azhar, “Surga” Penuntut Ilmu Hadits

Dalam acara yang dipadati ribuan penuntut ilmu itu tersebut dibaca Kitab Hadits Musalsal bil Awwaliyyah karya Ibnu Al-Aththar, tema terakhir Kitab Asy-Syifa, dan Kitab Makarimul Akhlaq karya Imam Thabrani.

“Pembacaan Kitab Asy-Syifa sudah dimulai sebulan sebelumnya. Majlis pembacaannya telah diadakan sebanyak 8 kali. Dan pengkhataman diadakan di majlis periwayatan hadits ini,” kata Hafidz, mahasiswa Al-Azhar tingkat I.

Baca: Mahasiswa Indonesia Raih Juara 1 Lomba Hafalan Matan di Al Azhar 

Di akhir pembacaan semua kitab, Syeikh Ali Sholeh Ja’fari Al-Azhari, Guru Besar Bahasa Arab itu berpesan kepada hadirin untuk senantiasa mendoakan kaum muslimin dimana saja, terkhusus negeri tempat Masjidil Aqsha.

“Semoga Allah membersihkan Masjidil Aqsha dari kebiadaban Yahudi”, terangnya yang dibarengi amin dari para hadirin.

Kemudian guru yang banyak melahirkan banyak ahli bahasa Arab itu meng-hadiahi bait-bait sya’ir karangannya di hadapan hadirin. Sya’ir mengenai Masjidil Aqsha yang membuat orang-orang hadir kagum.

Di akhir acara Syeikh Ahmad Ma’bad, muhaddits senior Mesir memberi ijazah ammah untuk para hadirin, baik laki-laki, perempuan, dan anak-anak.*/Zulfi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !