Qatar Bekerjasama dengan Malaysia Membantu Pengungsi Rohingya

Bulan Oktober Pemerintah Qatar mengumumkan  bantuan sebesar 150 juta dolar atau lebih dari Rp 2,2 triliun untuk Gaza

Qatar Bekerjasama dengan Malaysia Membantu Pengungsi Rohingya

Terkait

Hidayatullah.com—Dana Pengembangan Qatar (QDF) siap bekerja dengan Malaysia untuk memperkuat Rumah Sakit Medan Malaysia di Cox’s Bazar, Bangladesh, yang sekarang memberikan bantuan medis kepada pengungsi Rohingya.

Wakil Perdana Menteri Dr Wan Azizah Wan Ismail mengatakan masalah ini dibahas dalam pertemuannya dengan Direktur Jenderal QDF, Khalifa Jassim Al Kuwari pada kunjungan resmi keduanya ke Qatar.

Dia mengatakan QDF juga akan menyalurkan US $ 50 juta ke Malaysia untuk membantu mengelola pengungsi Rohingya di Malaysia.

“Perwakilan dari Dewan Keamanan Nasional (MKN), sebagai badan koordinasi, serta perwakilan dari QDF, telah sepakat untuk bertemu dan mengambil tindakan segera untuk menyelesaikan rencana strategis dan rekomendasi dari program yang relevan untuk dilaksanakan di bawah kontribusi Qatar,” katanya, dikutip Bernama.

Sebelumnya, Dr Wan Azizah, mendapat undangan kehormatan Pendiri pendiri dari lembaga non-profit Qatar Foundation for Education, Science and Community Development (QF), Sheikha Moza dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Ketua dan Chief Executive Officer, Sheikha Hind Hamad Al Thani.

Baca: Mengapa Qatar Berbeda dari Negara Teluk Lain? 

Wan Azizah mengatakan selama pertemuan, kedua pihak sepakat untuk menjalin kerjasama yang erat dan memperluas ruang lingkup hubungan bilateral dan kerjasama antara Malaysia dan Qatar.

Ia mengatakan di antara daerah yang menjadi fokus utama diskusi adalah pendidikan, penelitian, kesehatan, anak-anak dan pembangunan sosial.

“Kami juga bertukar pandangan tentang isu-isu dan kesengsaraan yang dialami oleh orang-orang Rohingya dan saya menyatakan penghargaan saya kepada Sheikha Moza demi Qatar untuk memberikan bantuan kepada Malaysia dalam membantu mengelola pengungsi Rohingya di negara kami,” katanya.

Baca: Saudi Lanjutkan Proyek Kanal Kucilkan Qatar 

Wakil Perdana Menteri Sheikha Hind juga mengundang Malaysia untuk mengirim lebih banyak pelajar Malaysia ke Qatar dan dalam hal ini, pemerintah Malaysia akan mengambil langkah untuk memenuhi permintaan tersebut.

Sementara itu,  Wan Azizah menghadiri makan siang yang diselenggarakan bersama oleh Chief Executive Officer Qatar Financial Center, Chief Executive Barwa Bank dan Chief Executive Officer Qlnvest.

“Diskusi selama makan malam adalah tentang peluang kerjasama antara Malaysia dan Qatar di sektor perbankan dan keuangan Islam.

Bulan Oktober Pemerintah Qatar mengumumkan  bantuan sebesar 150 juta dolar atau lebih dari Rp 2,2 triliun untuk Gaza. Pengumuman tersebut disampaikan Kementerian Luar Negeri Dohan yang mengatakan dana bantuan yang dijanjikan akan diberikan melalui Dana Pengembangan Qatar (QDF).

Tahun 2015, Qatar menjanjikan dana sebesar US$ 50 juta (sekitar Rp 650 miliar) untuk membantu Indonesia menampung pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar.

Janji bantuan itu diumumkan oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim, saat bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Doha, Qatar, seperti dikutip AFP.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !