Argentina akan Gugat Putra Mahkota Saudi dengan Tuduhan Lakukan Kejahatan perang

Pihak berwenang Argentina saat ini sedang menilai peran putra mahkota terkait dugaan kejahatan perang dan dugaan penganiayaan

Argentina akan Gugat Putra Mahkota Saudi dengan Tuduhan Lakukan Kejahatan perang

Terkait

Hidayatullah.com–Pengawas hak asasi manusia internasional pada Senin mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan laporan kepada hakim federal Argentina terhadap Putra Mahkota Saudi Muhammad Bin Salman atas tuduhan kejahatan perang, kutip Anadolu.

Muhammad bin Salman dijadwalkan untuk menghadiri KTT G20 di Buenos Aires pekan ini

Menurut pernyataan Human Rights Watch (HRW), pihak berwenang Argentina saat ini sedang menilai peran putra mahkota terkait dugaan kejahatan perang oleh koalisi pimpinan Saudi di Yaman dan keterlibatannya dalam dugaan penganiayaan terhadap sejumlah warga negara Arab Saudi, termasuk Jamal Khashoggi .

Baca: CIA: Putra Mahkota Saudi Perintahkan Pembunuhan Khasoggi

Khashoggi, seorang wartawan dan kolumnis Washington Post, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah awalnya mengatakan bahwa dia meninggalkan konsulat hidup-hidup, berminggu-minggu kemudian pemerintah Saudi mengakui bahwa dia terbunuh di sana.

Baca:   Kenaikan Mohammad bin Salman: Kemajuan atau Kemunduran

Kenneth Roth, direktur eksekutif HRW, mengatakan penyelidikan oleh pihak berwenang Argentina akan menjadi sinyal kuat bahwa tokoh-tokoh penting seperti bin Salman tidak kebal terhadap hukum.

“Muhammad bin Salman harus tahu bahwa dia mungkin akan menghadapi penyelidikan kriminal jika dia datang ke Argentina,” tambahnya.

Undang-undang Argentina memberikan pengadilan negara itu hak untuk menyelidiki kejahatan perang dan penyiksaan atas dasar global, membuka jalan bagi warga negara lain untuk diadili atas kejahatan semacam itu saat memasuki negara tersebut.

Rencana  Pangeran Mohammad bin Salman akan menghadiri acara KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina.

Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia itu sedianya akan tampil di forum strategis negara-negara kaya dunia ini pada akhir November 2018.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !