Begija Smajic, Perempuan Berjilbab Pertama Menangkan Kursi Parlemen Bosnia

Pembantaian etnis tahun 1992-95 di mana diperkirakan 100.000 Muslim meninggal, puluhan ribu diperkosa dan jutaan jadi tunawisma

Begija Smajic, Perempuan Berjilbab Pertama Menangkan Kursi Parlemen Bosnia
AP
Begija Smajic

Terkait

Hidayatullah.com–Untuk pertama kalinya sejak perang etnis di Bosnia, seorang wanita Islam telah memenangkan kursi parlemen di pedesaan yang didominasi orang-orang Serbia, kutip AP.

Begija Smajic, berasal dari kota di timur Srebrenica di mana pasukan Serbia Bosnia menewaskan sekitar 8.000 pria Muslim termasuk anak-anak dalam pembantaian keji tahun 1995. Yang diklaim sebagai pembantaian terburuk di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Begija Smajic membuat penampilan pertamanya di parlemen sejak memenangkan pemilihan pada 7 Oktober 2018 lalu.

Baca: 17 Tahun Pembantaian Atas Muslim di Bosnia

Sebagian besar suara dalam Pemilu dimenangkan oleh partai-partai nasionalis.

Baca: Turki Bangun Monumen untuk Korban Perang Bosnia

Begija Smajic terpilih ke parlemen Serbia Bosnia bulan lalu dan menghadiri sesi pembukaannya pada hari Senin.

Smajic berasal dari kota timur Srebrenica, di mana pasukan Serbia Bosnia tahun 1995 menewaskan sekitar 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim, memperkosa gadis-gadis muslim dalam pembantaian terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Pembantaian etnis pada perang 1992-95 di mana diperkirakan 100.000 orang Muslim meninggal dan jutaan menjadi tunawisma. Partai-partai nasionalis dan politisi meraih suara terbanyak pada pemilihan bulan Oktober.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !