Rakyat Prancis Protes Kenaikan Harga BBM, 1 Orang Tewas

Lebih dari 1.000 aksi protes dilakukan di berbagai daerah di Prancis hari Sabtu. Ribuan rakyat mengekspresikan kemarahan mereka atas kenaikan harga BBM

Rakyat Prancis Protes Kenaikan Harga BBM, 1 Orang Tewas

Terkait

Hidayatullah.com—Seorang pengunjuk rasa yang ikut dalam demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak tewas dan seorang wanita ditangkap terkait kematian itu, kata Kementerian Dalam Negeri hari Sabtu (17/11/2018).

Korban wanita, diduga berusian 50-an tahun, merupakan bagian dari kelompok pengunjuk rasa yang mengepung dan memukuli mobil wanita yang ditangkap. Menurut penjelasan Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner, wanita pengendara mobil itu sedang dalam perjalanan mengantar putrinya ke dokter. Akibat panik dikepung massa yang mengamuk, wanita tersebut menabrak kerumunan orang di hadapannya. Peristiwa itu terjadi di Pont-de-Beauvoisin, bagian tenggara Prancis.

Wanita pengemudi mobil itu lantas ditahan pihak berwajib, kata imbuh Castaner seperti dilansir Euronews.

Baca:  Pemain Muslim Bantu Timnas Prancis Raih Kemenangan di Tengah Islamophobia

Menurut laporan RFI, wanita tersebut ditahan dapam kondisi terguncang jiwanya akibat peristiwa yang dialaminya.

Castaner menambahkan, kecelakaan serius lain juga terjadi di dekat kota Selestat di bagian timur Prancis. Korbannya yang merupakan seorang wanita berusia 45 tahun, menurut para pejabat setempat, tidak terluka parah. Tumitnya terluka ketika pengemudi kendaraan melindas kakinya.

Baca: Polisi Prancis Grebek Pusat Syiah 

Insiden-insiden yang mengakibatkan korban terluka terjadi di sejumlah daerah lain, tetapi tidak ada korban tewas lagi.

Lebih dari 1.000 aksi protes dilakukan di berbagai daerah di Prancis hari Sabtu. Ribuan rakyat mengekspresikan kemarahan mereka atas kenaikan harga BBM.

Dikenal sebagai “gilets jaunes” atau “rompi kuning”, para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan di berbagai daerah di Prancis, dengan harapan pemerintahan Presiden Emmanuel Macron akan membatalkan kenaikan pajak BBM yang berakibat pada kenaikan harga BBM berupa bensin dan solar yang banyak dipakai rakyat Prancis. Mereka menilai kenaikan pajak itu membuat harga semakin mahal dan kantong mereka semakin tipis, mengingat  kedua jenis BBM itu termasuk kebutuhan esensial sehari-hari.*

Rep: Ama Farah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !