Manfaatkan Tunawisma, Pria dan Wanita Amerika Ini Gelapkan Sumbangan Online

Manfaatkan Tunawisma, Pria dan Wanita Amerika Ini Gelapkan Sumbangan Online

Terkait

Hidayatullah.com–Sepasang kekasih di New Jersey, Amerika Serikat, yang dituduh menipu seorang tunawisma dan memanfaatkan kebaikannya demi mendulang donasi, sudah berkonspirasi terlebih dahulu di awal dengan pria tunawisma tua itu untuk mengarang “cerita bohong,” tuding jaksa penuntut seperti dilaporkan NBC Kamis (15/11/2018).

Sebuah pengaduan yang diterima NBC Philadephia menyebutkan bahwa pasangan kekasih Mark D’Amico dan Kate McClure membuka akun di situs GoFundMe untuk tunawisma bernama Johnny Bobbitt Jr, sehingga mereka bertiga bisa mendulang dana dari para donatur online yang bersimpati. Mereka terus melakoni kelicikan itu dengan menghalangi orang dari mendapatkan informasi yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kampanye mereka. Menurut laporan pengaduan tersebut, mereka “tersilap mengoreksi cerita yang dikarangnya.”

Ketiganya diduga dikenai dakwaan antara lain konspirasi dan pencurian dengan cara penipuan, kata seorang sumber yang dekat dengan kasus itu kepada NBC Philadelphia, seraya menambahkan bahwa D’Amico dan McClure menyerahkan diri ke pihak berwenang pada hari Rabu.

Hari Kamis pagi Ernest Badway, pengacara untuk pasangan kekasih itu, mengatakan kepada NBC News bahwa pihaknya belum ada komentar perihal kasus tersebut.

Chris Fallon, pengacara untuk Bobbitt, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Kisah sarat pesan kedermawanan itu bermula pada musim gugur lalu, ketika Bobbit yang seorang tunawisma veteran marinir AS memberikan uang $20 –sisa terakhir uang miliknya– kepada McClure setelah wanita muda itu kehabisan bensin di tepian jalan raya di Philadelphia. Tergerak dengan kebaikan hati tunawisma itu, McClure dan pacarnya membuka dompet donasi di situs GoFundMe untuk Bobbitt. Tak disangka mereka mendapat $402.000 dari lebih 14.000 penyumbang online.

Akan tetapi, Bobbitt curiga pasangan itu juga ingin menikmati uang berlimpah yang mereka terima. Akhir bulan Agustus lalu, dengan bantuan pengacara Bobbitt mengajukan gugatan hukum kepada D’Amico dan McClure agar menyerahkan sisa dana yang ada.

Pengacara Bobbitt menduga kliennya hanya menerima $75.000 dari donasi yang mereka kumpulkan, dan sisanya dibelikan barang-barang mewah seperti mobil BMW dan liburan mahal oleh pasangan kekasih tersebut.

Tuduhan itu dibantah keduanya, dengan mengatakan bahwa mereka sengaja menahan dana agar tidak dihabiskan sia-sia oleh Bobbitt yang sedang memulihkan diri dari kecanduaannya terhadap narkoba.

Kasus di atas akhirnya mendorong pihak kejaksaan Burlington County di New Jersey melakukan investigasi terhadap D’Amico dan McClare.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !