[Video] Dua Kebakaran di California 150.000 Orang Dievakuasi, 5 Tewas

[Video] Dua Kebakaran di California 150.000 Orang Dievakuasi, 5 Tewas

Terkait

Hidayatullah.com—Sedikitnya lima orang tewas dan lebih dari 150.000 orang lainnya dievakuasi akibat dua kebakaran besar yang melanda pesisir California, termasuk kota Malibu, Amerika Serikat.

Di bagian barat Los Angeles, Woolsey Fire tidak lagi hanya melalap lahan dan pepohonan di kawasan hutan, tetapi menyeberangi jalan raya dan sekarang mengancam kawasan ramai di tepian pantai, termasuk Malibu.

Ke arah Sacramento di sebelah utara, lima orang ditemukan tewas di dalam sejumlah kendaran di sebuah kota yang dilalap api Camp Fire.

Kedua kebakaran itu, yang diberi nama Woolsey Fire dan Camp Fire, diperbesar oleh kekuatan hembusan angin.

Kebakaran meluas cepat dalam semalam dan mencapai jalan raya Highway 101, sebuah jalan utama di bagian barat Los Angeles.

Pada Jumat (9/11/2018) tengah malam waktu setempat, kebakaran sudah menyentuh sekitar 14.000 acre (5.665 hektar), lapor BBC.

Api pertama kali terlihat di dekat Thousand Oaks, daerah yang terletak sekitar 64km arah barat laut dari pusat kota Los Angeles, ketika seorang pelaku serangan membunuh 12 orang pada hari Rabu (7/11/2018) dan memicu evakuasi penghuni 75.000 rumah.

Sekarang ribuan penduduk lainnya juga diperintahkan untuk meninggalkan daerah di sebelah barat Thousand Oaks, Calabasas dekat Highway 101 dan Malibu, serta pinggiran Los Angeles sebelah barat.

Calabasas dan Malibu merupakan daerah di mana banyak pesohor dunia tinggal, seperti Kim Kadarshian yang menulis di akun Instagram meminta publik berdoa demi keselamatan Calabasas. “Baru saja mendarat kembali ke rumah, dan kami diberi waktu satu jam untuk bersiap-saip meninggalkan rumah kami. Saya berdoa semua orang selamat,” tulis selebritis istri dari penyanyi rap Kanye West itu.

Api kabarnya sudah melalap habis lokasi pembuatan film seri televisi Westworld.

Sementara itu di bagian utara California, 8.100 hektar sudah dibumihanguskan Camp Fire, yang mulai berkecamuk sejak hari Kamis (8/11/2018) dekat Camp Creek. Si Jago Merah sudah menggosongkan kota kecil Paradise, di mana sedikitnya lima orang dilaporkan tewas.

Kantor Butte County Sheriff mengatakan bahwa para korban tewas terjebak di dalam kendaraannya dan tidak dapat segera diidentifikasi.

Api meluas dibantu dengan hembusan angin berkecepatan hingga 56km/jam, kata para pejabat.

Woolsey Fire dan Camp Fire adalah 2 dari 15 kebakaran

yang sekarang masih berkecamuk di wilayah negara bagian California. Sejak tahun 2017, negara bagian paling makmur di Amerika Serikat itu berkali-kali mengalami kebakaran besar, termasuk yang terparah kebakaran Mendocino dan Thomas.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !