‘Perang Melawan Teror’ AS telah Menewaskan Setengah Juta Orang

Laporan Watson Institute for International and Public Affairs Brown University menyebutkan korban tewas 500 ribu tetapi jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi

‘Perang Melawan Teror’ AS telah Menewaskan Setengah Juta Orang
AFP
George W Bush Bertemu kru pilot dan kapal induk USS Abraham Lincoln

Terkait

Hidayatullah.com–Sekitar setengah juta orang tewas di Iraq, Afghanistan, dan Pakistan karena kampanye “Perang Melawan Teror” AS yang diluncurkan setelah serangan WTC pada 11 September 2001, menurut sebuah penelitian yang dirilis hari Kamis.

Laporan yang dikeluarkan Watson Institute for International and Public Affairs Brown University menyebutkan korban tewas antara 480.000 dan 507.000 orang – tetapi mengatakan jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Korban baru “adalah lebih dari 110.000 peningkatan selama hitungan terakhir, dikeluarkan hanya dua tahun yang lalu pada Agustus tahun 2016,” kata Brown  sebuah pernyataan dikutip business-standard dari AFP.

“Meskipun perang melawan teror sering diabaikan oleh publik Amerika, pers dan legislator, peningkatan sinyal penghitungan mayat, jauh berkurang, perang ini tetap intens.”

Baca: Bush Janji Terus Lanjutkan Perang “Anti-Teror”

Jumlah korban tewas termasuk gerilyawan, polisi lokal dan pasukan keamanan, warga sipil dan tentara AS dan sekutu.

Penulis laporan itu, Neta Crawford, mengatakan banyak dari mereka yang diklaim AS dan pasukan lokal sebagai kelompok “militan” sebenarnya justru warga sipil.

“Kita mungkin tidak pernah tahu jumlah total kematian langsung dalam perang ini,” tulis Crawford.

Baca: Barat dan Isu Terorisme [1]

“Misalnya, puluhan ribu warga sipil mungkin telah meninggal dalam merebut kembali Kota Mosul dan kota-kota lain dari DAESH tetapi tubuh mereka kemungkinan besar belum ditemukan.”

Laporan itu menyatakan bahwa antara 182.272 dan 204.575 warga sipil telah tewas di Iraq, 38.480 di Afghanistan, dan 23.372 di Pakistan.

Sementara  7.000 tentara AS tewas di Iraq dan Afghanistan.

Penghitungan ini tidak termasuk semua orang yang telah meninggal secara tidak langsung sebagai akibat dari perang, termasuk melalui hilangnya infrastruktur atau penyakit.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !