Gereja Katolik Berhentikan Seorang Uskup karena Skandal Pelecehan Seksual

"Meskipun Uskup Jenik menyangkal tuduhan itu, dia telah mengundurkan diri dari pelayanan," kata Uskup Agung Timothy Dolan

Gereja Katolik Berhentikan Seorang Uskup karena Skandal Pelecehan Seksual
John J. Jeni

Terkait

Hidayatullah.com–Seorang uskup pembantu Gereja Katolik diberhentikan dari kantornya di New York pada Rabu setelah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak di bawah umur, tulis Anadolu.

John Jenik, 74, dituding memiliki hubungan spesial dengan Michael Meenan, 52, hampir 40 tahun yang lalu. Sepanjang tahun 1980 – 1986, Meenan dikabarkan telah tidur di kediaman Jenik sekitar 70 kali.

“Meskipun Uskup Jenik menyangkal tuduhan itu, dia telah mengundurkan diri dari pelayanan,” kata Uskup Agung Timothy Dolan dalam sebuah pernyataan.

Pada 2016, Keuskupan agung di New York meluncurkan Program Rekonsiliasi dan Kompensasi Independen (IRCP) pada tahun 2016 untuk membantu para korban dan penyintas pelecehan seksual oleh pemuka agama.

Gereja Katolik Bayar $276 Juta Terkait Pelecehan Seksual Anak-Anak

Perempuan “Korban” Pelecehan Seks di Gereja Galang Dukungan 

Dalam program tersebut, semua tuduhan dilaporkan kepada Dewan Peninjauan Kembali, sebuah komite yang memantau perlindungan anak di Gereja Katolik.

“Meskipun insiden itu terjadi beberapa dekade silam, Dewan Peninjauan Kembali telah mengumpulkan sejumlah bukti yang kredibel,” tambah Dolan.

Sementara itu, Jenik mengatakan akan mematuhi kebijakan keuskupan agung dan tidak akan menjalankan tugas-tugasnya di keuskupan sampai masalah ini selesai diusut.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !