Senin, 15 Februari 2021 / 3 Rajab 1442 H

Internasional

India Resmikan Patung Tertinggi di Dunia Seharga $400 Juta

Bagikan:

Hidayatullah.com—India, hari Rabu (31/10/2018) meresmikan patung tertinggi di dunia bernilai $400 juta, yang menggambarkan sosok pejuang kemerdekaan Vallabhbhai Patel.

Patung setinggi 182 meter itu, yang menjulang hampir dua kali tingginya Patung Liberty di New York, terbuat dari baja dan perunggu dan diberi nama “Patung Persatuan”. Berdiri di Gujarat, negara bagian asal Perdana Menteri Narenda Modi, patung itu merupakan bagian dari upaya partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) untuk mengenang kembali apa yang mereka sebut “para tokoh pemimpin yang terlupakan.”

Modi, yang memerintahkan patung itu didirikan di tepi Sungai Narmada ketika dia masih menjabat kepala menteri Gujarat, mengatakan tahun lalu bahwa ada upaya-upaya untuk mengecilkan peran dan melupakan sumbangsih Patel, yang membantu mempersatukan 562 kerajaan-kerajaan kecil dalam satu negara India dan sebagai menteri dalam negeri pertama India.

“Patel ingin India menjadi bangsa yang bertenaga, kuat, sensitif, penuh semangat dan akomodatif, dan kita sedang berupaya menuju ke arah itu,” kata PM Narendra Modi saat peresmian patung itu hari Rabu (31/10/2018) seperti dilansir Reuters.

Biaya pembuatan patung yang mencapai $400 juta itu berasal dari pemerintah federal (pusat), perusahaan-perudahaan milik negara dan berbagai institusi lain. Patung dibangun selama 33 bulan oleh perusahaan konstruksi Larsen & Toubro Ltd.

Menggambarkan Patel yang botak bagian depan kepalanya dengan pakaian tradisional India, lengkap dengan selendang di bagian bahu, patung itu menggunakan 210.000 meter kubkik semen dan 25.000 ton baja serta 1.700 ton perunggu.

Modi bersama partainya yang menjadi penguasa di India saat ini, BJP, sengaja mencari figur pahlawan yang tidak memiliki latar belakang berkaitan dengan keluarga Nehru atau Gandhi yang mendominasi partai oposisi Kongres Nasional India (INC).

BJP mengatakan bahwa INC sengaja mengabaikan tokoh-tokoh India seperti Patel, BR Ambedkar yang ikut merancang konstitusi, serta pejuang pembebasan Subhas Chandra Bose.

Ironisnya, partai penguasa BJP menghabiskan dana jutaan dolar hanya untuk sebuah patung itu tidak memberikan kemanfaatan langsung bagi rakyat India, yang sampai saat ini kebanyakan tidak memiliki toilet.

Baca juga:

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Persiapan Perang Biologis? Amerika Bangun Pabrik Vaksin Raksasa

Persiapan Perang Biologis? Amerika Bangun Pabrik Vaksin Raksasa

Aljazeera Tolak Usulan UEA Lakukan Restruktur Perusahaan

Aljazeera Tolak Usulan UEA Lakukan Restruktur Perusahaan

UNESCO: 640 Bahasa di Eropa Terancam Punah

UNESCO: 640 Bahasa di Eropa Terancam Punah

Orang Telanjang Meneror Kota di Missouri, Narkoba Flakka Penyebabnya

Orang Telanjang Meneror Kota di Missouri, Narkoba Flakka Penyebabnya

Mufti Pahang: Syiah Tetap Sesat

Mufti Pahang: Syiah Tetap Sesat

Baca Juga

Berita Lainnya