Alkohol Mematikan Mengalir menuju Kota Aden

Sejak Republik Demokratik Yaman, sebuah negara Marxis-komunis didirikan antara 1967 dan 1990, alkohol diprokduksi secara legal dan biasanya dikonsumsi di selatan

Alkohol Mematikan Mengalir menuju  Kota Aden
AFP
Pria Yaman sedang duduk di puncak gunung menghadap pusat Kota Aden

Terkait

Hidayatullah.com–Kota pelabuhan Aden dilanda serentetan kematian akibat alkohol buatan sendiri, yang telah mengalir melalui kota yang kini berada di bawah kontrol pasukan yang didukung Uni Emirat Arab (UEA).

Anggur beracun,  menurut media lokal, dilaporkan mengandung zat-zat yang mematikan seperti minyak tanah, telah membunuh setidaknya 20 orang – termasuk Tumbaki, tokoh yang populer di kota itu- sementara puluhan orang lain telah berada dalam kondisi serius.

“Selama seminggu terakhir, lusinan tiba di rumah sakit Aden menderita dari efek anggur beracun. Setidaknya 20 meninggal di rumah sakit dan yang lain mati di rumah mereka,” kata dokter di Dinas Kesehatan di Aden, kepada Middle East Eye (MEE).

“Ada kasus-kasus lain yang masih berdatangan. Yang lain datang ke rumah sakit sebelum, tapi sebagian besar tiba seminggu lalu.”

Dia mengatakan bahwa sebagian besar pasien yang menderita dari efek beracun anggur tiba di rumah sakit dalam kondisi yang mengerikan, dan banyak dari mereka meninggal, sebagai dokter tidak mampu untuk membantu.

Baca: PBB: 47.000 Warga Yaman Mengungsi ke Aden

Sejak Republik Demokratik Yaman, sebuah negara Marxis-komunis didirikan antara 1967 dan 1990, alkohol diprokduksi secara legal dan biasanya dikonsumsi di selatan.

Namun, ketika penyatuan kembali pada tahun 1990, negara ini mengadopsi onstitusi yang berdasarkan hukum syariah, dan semua pabrik alkohol  ditutup dan perdagangan alkohol dilarang.

Meskipun penjualan alkohol hanya di ruang khusus, di Kota Aden, masih banyak yang minum alkohol secara diam-diam dan jauh dari mata aparat. Dalam tiga tahun terakhir, perdagangan minuman beralkohol telah meningkat.

“Banyak pemuda kecanduan alkohol, dan mereka tidak dapat membeli anggur berkualitas tinggi atau yang diimpor karena harganya yang mahal, sehingga mereka terpaksa membeli anggur lokal yang dapat mengakibatkan kematian,” kata dokter.

“Saya berharap bahwa pihak berwenang di Aden mengejar para pedagang anggur dan menghukum mereka, seperti mereka membunuh masa depan Aden dan seluruh negara.”

Baca: Gubernur Aden, Yaman Tewas Akibat Serangan Bom

Tuduhan amoralitas

Ghamdan, seorang apoteker di kota Aden, mengatakan banyak pemuda datang untuk farmasi nya setiap hari yang ingin membeli Roh, sejenis cairan medis  yang mengandung etanol yang biasa digunakan dokter mengobati luka-luka.

“Kami tidak bisa membuka apotek setelah 9 malam, ketika orang-orang bersenjata datang untuk membeli Roh dengan paksa dan minum itu karena itu semacam alkohol,” katanya kepada MEE.

“Beberapa orang mengancam untuk membunuh jika saya tidak memberikan mereka botol alkohol ini, sehingga saya tidak memiliki pilihan tetapi untuk memberikannya kepada mereka. Jika saya menolak mereka, tidak ada melindungi saya.”

Warga  Aden telah menyatakan keprihatinan mereka atas prevalensi alkohol dan kecenderungan lain dalam kota mereka yang mereka lihat sangat bertentangan dengan hukum Islam.

Baca: Pemimpin Partai Al-Islah Yaman Terbunuh di Aden

Sekedar catatan, hukum di Yaman menyatakan bahwa “setiap Muslim dewasa yang minum anggur harus dikenakan 80 cambukan sebagai hukuman dan untuk pedagang harus dikenai hukuman penjara tidak lebih dari tiga tahun”.

Aqlan Zuraiqi, seorang guru di Aden, mengatakan “rawa amoral” telah melanda kota mereka.

“Kita semua menuntut kemerdekaan untuk membangun negara kita sendiri, tetapi pasukan didukung UEA yang mengendalikan Aden memahami kemerdekaan dengan cara yang salah, dan mereka mendukung imoralitas sebagai bagian dari kemerdekaan,” kata Zuraiqi kepada MEE, mengacu pada permintaan lama oleh banyak pihak. di bagian selatan negara itu untuk mereformasi Yaman Selatan yang independen..

“Pasukan UAE percaya bahwa denganya penyebaran pabrik anggur adalah petunjuk pertama kemerdekaan, sehingga mereka tidak melawan pedagang anggur,” tegasnya.

“Masalah kita tidak dengan pemerintah dan [Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi yang diasingkan] – melainkan dengan pasukan Selatan yang mengganggu reputasi kami.”

Baca: Pemberontak al Houthi Ancam Blokir Jalur Laut Merah

Sementara mendukung gagasan Yaman Selatan independen, Zuraiqi tidak setuju dengan beberapa kebijakan Demokrat Rakyat Republik Yaman sebelum tahun 1990, salah satu dari mereka menjadi banyaknya pabrik anggur.

“Kami adalah Muslim, dan kita harus mengikuti petunjuk agama kita… tidak ada yang dapat menghentikan revolusi melawan kebejatan moral,” Zuraiqi mengatakan.

“Tidak ada di Yaman senang mendengar bahwa anggur beracun membunuh orang-orang sementara pihak berwenang tidak memiliki ditangkap pedagang tunggal anggur.”

Wael, penduduk lain di kota, dibandingkan penyebaran anggur untuk praktek-praktek lain yang ia dianggap “tidak bermoral,” seperti perkosaan, mencuri dan prostitusi.

“Saya percaya bahwa pasukan yang didukung UAE mengendalikan Aden terhadap keadaan terburuk dalam sejarah, seperti yang kita belum mendengar tentang kekuatan menyambut amoralitas di seluruh dunia kecuali di Aden,” Ahmad mengatakan MEE.

Baca: Jenderal Tertinggi Yaman Gabung Saudi Melawan al Houthi

“Aku menentang rejim [mantan Presiden Yaman] Ali Abdullah Saleh, tetapi pengendali Aden baru-baru ini lebih buruk daripada rezim Saleh, yang berperang melawan imoralitas di seluruh negeri.”.”

Wael menyerukan koalisi pimpinan-Arab untuk membantu Aden mengusir amoralitas, seperti katanya ini adalah lebih penting daripada semua masalah lain dalam konteks saat ini.

“Koalisi pimpinan Saudi membantu kami memerangi Syiah Houthi dan membiarkan puluhan perilaku buruk lainnya menyebar di masyarakat,” kata Wael.

“Kehancuran masyarakat dan akhlaknya lebih berbahaya daripada penghancuran dari pertempuran militer,”  ujarnya.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !