Bendera ‘Israel’ Berkibar dalam Pertandingan Judo Abu Dhabi

Sehari usai pertemuan Sultan Qaboos dan Netanyahu, penjajah ‘Israel’ mengebom Jalur Gaza

Bendera ‘Israel’ Berkibar dalam Pertandingan Judo Abu Dhabi
TI
Menteri Kebudayaan dan Olahraga ‘Israel’ Miri Regev menyalami pejudo Israel

Terkait

Hidayatullah.com—Bendera ‘Israel’ berkibar diiringi lagu kebangsaan  rezim penjajah tersebut setelah atlet Judo ‘Israel’, Sagi Muki (26) berhasil meraih medali emas mengalahkan Matthias Casse dari Belgia di turnamen Abu Dhabi Judo Grand Slam kategori 80 kg yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Ahad, 28 Oktober 2018.

Menteri Kebudayaan dan Olahraga Miri Regev, yang berada di Abu Dhabi bersama Muki, menulis di media sosial, “Kami membuat sejarah. Orang-orang ‘Israel’ hidup!” tulis The Jerusalem Post.

Anggota Knesset  Yuli Edelstein menyebut Muki “seorang juara” dan menambahkan, “Ini adalah perasaan yang hebat saat mendengar lagu kebangsaan kami … dimainkan untuk pertama kalinya di Abu Dhabi.”

“Kami memberi hormat padamu,” kata Edelstein. “Anda membawa kehormatan besar bagi ‘Negara ‘Israel’’.”

Meskipun bukan pertama kalinya UEA mengundang atlet penjajah ‘Israel’ dalam sebuah pertandingan olahraga, namun dilantunkannya lagu kebangsaan dan pengibaran bendera ‘Israel’ dianggap sebuah ‘pencapaian’ baru.

Baca:   Pertemuan Diam-diam Israel dan Oman

Miri Regev,  berdiri di dekat podium bersama salah satu pejabat turnamen terlihat tak kuasa menahan air matanya saat dilantunkannya lagu kebangsaan ‘Israel’.

“Selama dua tahun kami melakukan pembicaraan untuk mencapai momen ini dan sulit untuk menghentikan air mata. Saya ingin berterima kasih kepada pihak berwenang di Abu Dhabi dan tuan rumah kami di sini yang menerima kami dengan cara yang patut dicontoh,” kata Menteri Olahraga ‘Israel’ seperti dilansir The Time of ‘Israel’.

Situs berita ‘Israel’ tersebut juga menulis bahwa ini adalah pertama kalinya seorang menteri ‘Israel’ menghadiri acara olahraga di kawasan Teluk.

Menteri Kebudayaan dan Olahraga ‘Israel’ Miri Regev, berjabatan tangan dengan Mohamed Bin Tha’loob Al Derai, Presiden Persatuan Gulat, Judo, Kickboxing Federation di Judo Grand Slam 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Foto: AFP

Menurut media tersebut, lagu kebangsaan ‘Israel’ dapat dilantunkan di UEA setelah pihak Federasi Judo Internasional mengancam akan membatalkan kompetisi tersebut bila semua atlet tidak diberikan hak yang sama di dalam perhelatan tersebut.

Regev memuji presiden Federasi Judo Internasional, Marius Vizer dari Austria, karena mempengaruhi penyelenggara untuk mengubah kebijakan mereka pada simbol ‘Israel’.

“Saya menangis ketika lagu itu dimainkan. Marius Vizer berdiri di sampingku dan juga meneteskan air mata. Sangat menyentuh untuk melihat bahwa dia tersentuh oleh kemampuan kami untuk mengekspresikan emosi kami, ”Regev mengatakan kepada Radio Tentara ‘Israel’.

Baca:Delegasi Militer UEA Mengunjungi ‘Israel’ 

Diterima di Teluk

Gebrakan olahraga yang dramatis datang pada saat yang sama ketika hubungan ‘Israel’ dengan negara-negara Teluk tiba-tiba mencair.

Menteri Komunikasi Ayoub Kara diperkirakan akan pergi ke Dubai pada hari Selasa untuk berpartisipasi dalam Konferensi International Telecommunication Union.

Y’Israel’ Katz, Menteri pelayanan Transportasi dan Kementerian Intelijen, akan mengunjungi Oman untuk mendorong kereta api yang menghubungkan Haifa dengan Yordania, Arab Saudi, dan Negara-negara Teluk.

“Inisiatif itu, yang disebut ‘Jalur untuk Perdamaian Regional,’ bertujuan untuk menghubungkan Laut Tengah dan Teluk Arab [Teluk Persia] dengan kereta api melalui ‘Israel’ sebagai jembatan darat dan Yordania sebagai pusat transportasi regional,” kata kantor Katz.

Katz diperkirakan akan mempresentasikan rencananya ketika ia menyampaikan konferensi transportasi regional tiga hari, yang disebut Kongres Dunia IRU, yang akan diselenggarakan adalah Muscat mulai 6 November.

“Ini adalah pertama kalinya seorang menteri ‘Israel’ secara resmi diundang untuk berpartisipasi dalam konferensi internasional di Oman,” kata kantor Katz.

Baca:Terungkap: Pembicaraan Normalisasi Rahasia Israel-UEA 

Kementerian itu menambahkan bahwa, “Undangan ini mencerminkan hubungan yang semakin kuat antara kedua negara.”

Kunjungan Katz mengikuti ‘pertemuan secara rahasia’  Perdana Menteri Benjamin Netanyahu  dengan Sultan Qaboos bin Said al Said hari Jumat. Oman dan ‘Israel’ tidak memiliki hubungan diplomatik. Pemimpin ‘Israel’ terakhir yang mengunjungi kesultanan adalah mantan PM ‘Israel’ Shimon Peres pada tahun 1996.

Netanyahu berbicara tentang kunjungan itu di awal rapat kabinet mingguan. “Pada hari Jumat, saya dan istri saya kembali dari kunjungan diplomatik bersejarah ke Oman. Saya bertemu dengan pemimpin Oman, Sultan Qaboos bin Said, seorang yang sangat berpengalaman dan mengesankan.

“Ini adalah kunjungan resmi pertama ‘Israel’ ke Oman dalam 22 tahun. Kunjungan ini bertentangan dengan latar belakang upaya diplomatik yang saya promosikan dalam beberapa tahun terakhir vis-a-vis negara-negara Arab. Dalam pertemuan panjang kami, kami membahas secara rinci tantangan yang dihadapi Timur Tengah. Ini adalah pembicaraan penting … untuk Negara ‘Israel’ dan pembicaraan yang sangat penting untuk keamanan ‘Israel’. Akan ada lebih banyak lagi, ”katanya.

Sehari usai pertemuan Sultan Qaboos dan Netanyahu, penjajah ‘Israel’ mengebom Jalur Gaza.

Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas juga mengunjungi Oman pada awal pekan ini.

Pada hari Ahad, seorang utusan Sultan Qaboos mengunjungi Abbas di Ramallah dan menyerahkan sebuah surat dari pemimpin Oman, lapor Kantor Berita Palestina Wafa.

Dalam pidato di Ramallah ke sidang Dewan PLO ke-30, Abbas mengatakan bahwa dia menolak rencana perdamaian Trump. Menurut Wafa, dia berkata, “[Bahkan] jika deklarasi Balfour disahkan [100 tahun lalu], ‘Kesepakatan Abad Ini’ tidak akan berlalu.”

Tahun lalu, penyelenggara turnamen di Abu Dhabi melarang bendera dan lagu ‘Israel’, yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Negara Teluk.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !