Gempa di Yunani Terasa Sampai Libya

Gempa di Yunani Terasa Sampai Libya

Terkait

Hidayatullah.com—Gempa mengguncang Laut Ionia bagian barat Yunani hari Jumat (26/10/2018). Meskipun menimbulkan kerusakan ringan, tetapi getarannya dirasakan sampai ke Libya.

Institut Geodinamika Yunani mengatakan gempa berkekuatan 6,4 skala Richter dengan episentrum di bawah laut berjarak 50 kilometer ke selatan dari lokasi wisata Pulau Zakynthos, yang mengalami serangkaian guncangan hebat.

Tiga orang di Zakynthos dilarikan ke rumah sakit, dua di antaranya mengalami luka ringan, kata seorang jubir badan perlindungan sipil Yunani kepada kantor berita Reuters.

Pejabat setempat memastikan bahwa meskipun aliran listrik ada yang terputus dan pelabuhan Zakynthos mengalami sedikit kerusakan, tetapi operasionalnya tidak akan terganggu.

“Kami tidak menghadapi masalah apapun,” kata Wali Kota Zakynthos Pavlos Kolokotsas kepada lembaga penyiaran milik pemerintah ERT.

Website berita lokal mengabarkan sebuah biara peninggalan abad ke-15 mengalami kerusakan. Zante News Time menampilkan gambar yang menunjukkan kerusakan di bagian depan bangunan itu dan barang-barang berjatuhan dari rak di sejumlah toko.

Sekolah-sekolah ditutup hari Jumat agar petugas dapat memeriksa kerusakan gedung.

Getaran yang ditimbulkan gempa itu dapat dirasakan di ibukota Yunani, Athena, sampai ke Albania, Italia, Malta dan bahkan Libya.

Laut Ionia berada di lokasi rawan gempa, di mana lempengan Benua Eropa dan Afrika bertemu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !