Meksiko Terancam Porak-Poranda Badai Kategori 5 Bergerak Mendekat

Meksiko Terancam Porak-Poranda Badai Kategori 5 Bergerak Mendekat

Terkait

Hidayatullah.com—Badai besar yang potensial menimbulkan bencana luar biasa diperkirakan akan mendarat di wilayah Meksiko hari Selasa ini.

Badai Willa mencapai kecepatan maksimum 160 mil/jam (260 km/jam) hari Senin pagi (22/10/2018), menurut US National Hurricane Center, seperti dilansir Euronews.

Berdasarkan skala Saffir-Simpson badai berkecepatan setinggi itu termasuk kategori 5, yang tertinggi.

Badai itu diperkirakan menyentuh pesisir sebelah barat daya dari daratan utama negara Meksiko hari Selasa siang atau malam, setelah melewati Islas Marias, sebuah kepulauan yang terdiri dari empat pulau utama yang terletak di Samudera Pasifik sekitar 100 kilometer dari wilayah daratan utama Meksiko.

“Willa diperkirakan manjadi badai besar yang sangat berbahaya ketika mencapai pesisir Meksiko,” kata HNC dalam sebuah pernyataan.

Para petugas di lembaga milik pemerintah Amerika Serikat yang bertugas memantau badai itu memperkirakan bahwa setelah menguat selama 48 jam terakhir, Willa akan mulai melemah pada suatu waktu hari Selasa. Meskipun demikian, mereka memperkirakan angin besar itu masih akan menimbulkan kerusakan meluas.

Mereka juga memperkirakan terjadinya hujan deras, mencapai 18 inci di sejumlah area di Jalisco, Nayarit di bagian barat, dan Sinaloa di selatan yang akan memicu banjir bandang dan tanah longsor.

Wilayah selatan Meksiko juga diperkirakan akan dihajar Badai Tropis Vicente, yang diramalkan akan menghampiri daratan hari Selasa. Badai itu akan mengundang hujan deras hingga 10 inci di wilayah negara bagian di selatan seperti Guerrero, Michoacan, Colima dan Jalisco.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !