Pompeo: Saudi Kami Beri Waktu Beberapa Hari untuk Selidiki Kasus Khasoggi

Pompeo juga telah bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota untuk membahas peristiwa hilangnya Khasoggi

Pompeo: Saudi Kami Beri Waktu Beberapa Hari untuk Selidiki Kasus Khasoggi
Mike Pompeo bertemu Putera Mahkota Saudi Mohammad bin Salman

Terkait

Hidayatullah.com–Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan bahwa negaranya telah memberi Saudi beberapa hari untuk menyelidiki urusan hilangnya wartawan Saudi, Jamal Khasoggi.

Ia menjelaskan respon  Amerika akan diputuskan nanti, dan itu setelah dua hari dari pertemuan kelompoknya dengan Pangeran Saudi, Mohammad bin Salman di Riyadh.

Dalam perbincangan dengan para wartawan di Gedung Putih, Menteri Luar Negeri menjelaskan dia memberikan pengadaan kepada Presiden Donald Trump atas perjalanan kunjungannya ke Saudi dan Turki.

Menanggapi atas pertanyaan dari salah satu wartawan tentang kredibilitas Saudi dalam tindakan penyelidikan, Pompeo mengatakan bahwasanya mereka layak diberikan kesempatan untuk penyelidikan, kemudian Washington akan memutuskan apakah dia memiliki kredibilitas atau tidak.

Sebelumnya, mengutip media AS, Pompeo mengabarkan kepada Mohammad bin Salman hanya memiliki 72 jam untuk menyelesaikan penyelidikannya dalam dugaan pembunuhan Khasoggi dalam pertemuan keduanya pada hari Selasa di Riyadh.

Baca: Saudi Tolak Ancaman Barat terkait Hilangnya Jurnalis Jamal Khashoggi

Dia menegaskan bahwa jadwal untuk menghadapi situasi yang terbatas karena tekanan global meningkat.

Media  itu menambahkan bahwa Pompeo memperingtkan Mohammad bin Salman tentang bahaya (risiko) hancurnya status kerajaan di panggung dunia kecuali berakhirnya kasus ketidakpastian dalam dokumen Khasoggi.

Media ini juga mengomentari dengan perkataan bahwasannya meskipun foto-foto yang menunjukkan Pompeo dan Putra Salman sedang tersenyum, maka sebenernya pembicaraan di antara keduanya serius.

Sebelumnya dikutip dari jaringan CNN  dari sumber yang luas mengatakan bahwa Pompeo menjelaskan kepada Mohammad bin Salman bahwa “Saudi harus melakukan penyelidikan mereka dengan sangat cepat.”

Jika Saudi tidak meminta pertanggung jawaban tentang penyembunyian Khasoggie maka AS akan melakukannya karena sebab tekanan global.

Pompeo juga telah bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota untuk membahas peristiwa hilangnya Khasoggi, lalu AS akan mengumumkan bahwa Putra Mahkota telah menyetujui penyelidikan darurat menyeluruh dalam penghilangan ini, dan itu setelah laporan bahwa Riyadh akan menyetujui terhadap kematian Khasoggi selama interogasi berjalan dengan cara yang salah.

Khasoggi, yang memegang izin tinggal di AS adalah seorang pengkritik terkemuka Putra Mahkota, hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Hari Rabu, Mike Pompeo mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden dan Menteri luar negeri Turki selama sekitar 40 menit, pada Rabu (17/10/2018), di Ibu Kota Turki, Ankara.

Baca: Turki Selidiki Hilangnya Wartawan Arab Saudi yang Hilang Secara Misterius

Menlu Pompeo bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Menteri luar negeri Mevlut Cavusoglu untuk membahas kasus hilangnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Menteri luar negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Pompeo akan memberikan informasi tentang kasus hilangnya Khashoggi.

Khashoggi menghilang ketika mengunjungi Konsulat Arab Saudi di Istanbul, pada 2 Oktober lalu, untuk melengkapi dokumen-dokumen pernikahan.

Setelah pertemuan, Pompeo tidak memberikan keterangan mengenai pembahasan selama 40 menit, dengan Cavusoglu dan Presiden Tayyip Erdogan.*/Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !