Di Usia 73 Tahun Wanita Zambia Raih Gelar MBA

Di Usia 73 Tahun Wanita Zambia Raih Gelar MBA

Terkait

Hidayatullah.com—Seorang wanita berusia 73 tahun di Zambia berhasil meraih gelar Master of Business Administration (MBA) di bidang kepemimpinan dan penciptaan kekayaan dari Universitas Lusaka.

Tangu Mhlanga Mazaba, seorang ibu dari lima anak dan nenek sepuluh cucu, menjadi satu dari ratusan mahasiswa yang diwisuda hari Kamis (4/10/2018), lapor BBC.

Wanita itu menjelaskan mengapa dirinya memutuskan untuk bersekolah lagi.

“Saya selalu prihatin sebagai orang yang menyaksikan kemerdekaan Zambia pada 1964, kami tidak terlalu banyak berbuat demi perekonomian kami sendiri,” ujarnya kepada BBC.

“Itu mengapa saya memutuskan bahwa saya sendiri harus kembali ke bangku sekolah dan mencapai sesuatu yang selalu saya dambakan. Zambia hanya berkembang apabila rakyat Zambia sendiri yang bertanggung jawab terhadap kekayaan dan perekonomian mereka.”

“Saya sendiri sudah melakukan andil saya dengan mendorong orang-orang lain agar pergi ke gereja, dan mengajak orang-orang untuk mandiri dan tidak selalu menunggu bantuan dari pemerintah,” imbuhnya.

Mazaba, yang bekerja sebagai seorang registrar di Lusaka Apex Medical University, mengatakan dirinya selalu merasa tertantang oleh orang-orang yang ditemui dalam pekerjaannya.

Dia bilang, itu merupakan alasan lain mengapa dia memilih program studi yang memakan waktu hanya setahun lebih.

“Saya selalu berhadapan dengan para profesor dan orang-orang berpendidikan tinggi lainnya, sehingga saya berpikir mengapa saya juga tidak dapat kembali ke bangku sekolah?” kata wanita tua itu.

“Hal tersebut tidak mudah; maksud saya siang hari saya harus bekerja dan malam hari mengerjakan tugas-tugas kuliah.”

“Namun, saya dikelilingi oleh banyak orang yang mencintai saya dan majikan yang akhirnya memberikan saya cuti untuk sekolah lagi,” imbuhnya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !