Senin, 6 Desember 2021 / 30 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Bantuan Turki dalam Perjalanan ke Indonesia

TRT
Bagikan:

Hidayatullah.com–Turki membawa 250 tenda dan 1000 kantong tidur untuk korban gempa bumi dan tsunami yang melanda Pulau Sulawesi, Indonesia.

Bantuan yang disediakan Turki selepas bencana yang berlaku di Indonesia,  dikirim ke kawasan gempa bumi dengan dua pesawat kargo militer, kutip TrtWorld.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan  di Lapangan Terbang Militer Etimesgut, dimana barang bantuan dimuat ke pesawat-pesawat, Pengurus Program Bulan Sabit Merah Turki (Türk Kızılayı), Alper Uluca, menyatakan bahwa gempa bumi dan kemudian tsunami yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan kematian ribuan orang, mencederai ratusan orang.

Baca: Perdana Menteri Turki Kunjungi Aceh 

Ia menambahkan, bahwa dalam waktu 24 jam setelah bencana, Türk Kızılayı telah mengerahkan 2 staf ahli ke daerah bencana.

”Atas penilaian kebutuhan mendesak rekan-rekan kami di daerah bencana, hari ini dengan pesawat kargo kami, kami akan memberikan bantuan berupa 250 tenda dan 1000 kantong tidur. Tiga dari staf kami juga akan pergi ke wilayah dengan pesawat. Di sana, lima staf kami akan membagikan barang-barang bantuan kepada mereka yang membutuhkan,” ujar Uluca.

Uluca juga mengatakan bahwa Turki akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada para korban bencana alam, baik yang dikirim dari Turki maupun kebutuhan yang dibeli di Indonesia.

“Tenda dan dukungan kami dapat memenuhi kebutuhan tahap pertama dari tempat penampungan darurat untuk sekitar 1.500-2.000 korban bencana. Untuk kali ini, barang pertolongan pertama yang ditentukan oleh pihak berwenang Indonesia, adalah tenda dan kantong tidur untuk memenuhi persyaratan tempat tinggal. Jadi, pada tahap pertama kami mengirim bahan-bahan bantuan ini, tetapi jika ada barang material berbeda yang diperlukan, kami akan melanjutkan pengiriman,” katanya.

Baca: Turki Menawarkan Bantuan untuk Gempa dan Tsunami Palu

Tenda dan kantong tidur yang dimuat ke atas dua pesawat kargo akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di wilayah Palu di Pulau Sulawesi, di mana bencana itu terjadi.

Sementara itu, dalam situsnya, Bulan Sabit Merah juga menyumbangkan 10.000 USD secara tunai kepada PMI untuk orang-orang yang sangat membutuhkan.

Bulan Sabit Merah berencana untuk mengirimkan 30 ton bahan bantuan kemanusiaan dengan 2 pesawat udara pada hari-hari yang akan datang dengan bahan bantuan kemanusiaan yang terdiri dari 200 tenda keluarga, 200 perlengkapan kebersihan keluarga, 200 perlengkapan bayi, 200 set alat dapur, 2.000 kantong tidur, 2.000 selimut dan 5.000 kotak berisi berbagai obat. Termasuk akan menambah  personel  untuk mendukung 2 delegasi yang sudah di wilayah yang terkena dampak bencana.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Dua Politisi Senior Inggris Ketangkap Basah Manfaatkan Jabatan Demi Uang

Dua Politisi Senior Inggris Ketangkap Basah Manfaatkan Jabatan Demi Uang

Sepuluh Tahun Dalam Tahanan Rumah, Tokoh Oposisi Iran Mir Hossein Mousavi Terjangkit Coronavirus

Sepuluh Tahun Dalam Tahanan Rumah, Tokoh Oposisi Iran Mir Hossein Mousavi Terjangkit Coronavirus

Hubungan Menegang, Saudi Tarik Dubesnya dari Swedia

Hubungan Menegang, Saudi Tarik Dubesnya dari Swedia

Pemuda Yaman Minta Usulan GCC Ditarik

Pemuda Yaman Minta Usulan GCC Ditarik

Asyik Main Game Facebook, Ibu Bunuh Anaknya

Asyik Main Game Facebook, Ibu Bunuh Anaknya

Baca Juga

Berita Lainnya