Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Spanyol Beberkan Kekayaan Seribu Pejabat Tinggi Pemerintah

Bagikan:

Hidayatullah.com—Pemerintah Spanyol hari Sabtu (29/9/2018) membeberkan aset milik lebih dari seribu pejabat tinggi pemerintah, termasuk 38 menteri kabinet saat ini dan mantan menteri, sebagai bagian dari upaya peningkatan transparansi pemerintah.

Data tersebut dimuat di lembaran berita resmi pemerintah. Tiga nama di antaranya merupakan jutawan yang menjabat menteri dalam kabinet Spanyol saat ini, lapor DW.

Pejabat dengan kekayaan terbanyak dalam daftar itu adalah menteri luar negeri, Josep Borrell, yang mengaku memiliki kekayaan 2,77 juta euro ($3,22 juta). Dia diikuti oleh menteri pendidikan dan jubir pemerintah, Isabel Celaa, yang mengaku memiliki kekayaan 1,62 juta euro.

Seorang jutawan lain dalam daftar tersebut adalah menteri sains, Pedro Duque, yang merupakan mantan astronot dan mengaku memiliki kekayaan 1,5 juta euro. Duque dituduh tidak membayar pajak atas dua rumahnya. Namun, dia membantah melakukan kesalahan apapun.

Kolega Duque di kabinet, Dolores Delgado, yang menjabat menteri kehakiman, juga disoroti karena pertemuannya dengan seorang mantan kepala kepolisian yang dituduh korupsi. Pertemuan itu terungkap dari rekaman-rekaman berisi percakapannya dengan orang tersebut yang dibocorkan ke publik.

Pada bulan Juni, menteri kebudayaan dan olahraga, Maxim Huerta, mengundurkan diri dari jabatannya beberapa hari setelah PM Pedro Sanchez menjabat. Pengunduran dirinya itu dilakukan setelah terungkap bahwa dia pernah mengelak dari kewajiban membayar pajak saat masih bekerja sebagai presenter berita TV sepuluh tahun silam.

Awal bulan ini, menteri kesehatan, Carmen Monton, juga memilih meletakkan jabatannya setelah muncul kabar soal ketidakberesan dalam gelar master yang diraihnya.

PM Sachez naik ke kursi kepala pemerintahan Spanyol pada bulan Juni setelah pendahulunya Mariano Rajoy mendapatkan mosi tidak percaya dari parlemen. Kepercayaan wakil rakyat Spanyol terhadap Rajoy setelah sejumlah pejabat di pemerintahannya dari Partai Popular (PP) dihukum karena terkait dengan kasus-kasus korupsi.

PM Sachez mengaku memiliki aset 343.000 euro dan utang 192.000 euro.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Bentrokan di Kairo Pecah Lagi

Bentrokan di Kairo Pecah Lagi

Sudah Mati Berkalang Tanah Michael Jackson Masih Dikejar Gugatan Hukum

Sudah Mati Berkalang Tanah Michael Jackson Masih Dikejar Gugatan Hukum

Militer AS akan Terus di Suriah untuk Melawan Bashar Assad

Militer AS akan Terus di Suriah untuk Melawan Bashar Assad

Korban Tewas Akibat Covid-19 Hampir Mencapai 1,47 Juta

Korban Tewas Akibat Covid-19 Hampir Mencapai 1,47 Juta

Amerika Larang ICRC Temui Tahanan

Amerika Larang ICRC Temui Tahanan

Baca Juga

Berita Lainnya