Pakistan Kritik China atas Perlakuan terhadap Muslim Uighur

Menteri Negara Urusan Agama Pakistan mengusulkan delegasi ulama mengunjungi Xinjiang untuk membantu kesulitan yang dialami etnis Uighur

Pakistan Kritik China atas Perlakuan terhadap Muslim Uighur

Terkait

Hidayatullah.com– Pakistan telah meminta Pemerintah China untuk melunakkan pembatasan terhadap Muslim di Xinjiang, salah satu kritik publik pertama dari negara mayoritas Muslim atas kebijakan China di wilayah barat.

Xinjiang, rumah bagi 12 juta Muslim, adalah tempat di mana pemerintah komunis melakukan kampanye “tekanan keras” yang bertujuan melawan ekstremisme dan perilaku lain yang dianggap Beijing sebagai ancaman keamanan. Tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan penindasan yang meluas di Xinjiang telah mendorong tekanan internasional, tetapi beberapa negara mayoritas Muslim telah berbicara.

Menurut surat kabar Pakistan, Nation, Menteri Negara untuk Urusan Agama, Pir Noorul Haq Qadri, mengatakan, peraturan ketat adalah bahan bakar ekstremisme. Untuk mempromosikan kerukunan beragama, Tiongkok harus melatih kesabaran, kata menteri itu kepada Duta Besar China untuk Pakistan, Yao Jing.

Baca: Memetakan Kamp Penahanan Xinjiang China bagi Muslim Uyghur 

Noorul Haq dilaporkan mengusulkan delegasi dari para ulama Pakistan mengunjungi Xinjiang untuk membantu. Email dan panggilan Pakistan ke Kedutaan di Beijing tidak dijawab.

Kritik Beijing telah meningkat setelah Panel PBB bulan lalu mengutip “laporan yang dapat dipercaya” bahwa sebanyak 1 juta etnis Muslim Uighur, Kazakh, dan minoritas lainnya ditahan di kamp-kamp kosentrasi. Aktivis, peneliti, dan media massa telah mendokumentasikan penahanan massal, pengawasan, dan penindasan kehidupan budaya dan agama di Xinjiang.

Tetangga dan mitra ekonomi China semakin terjebak dalam tindakan keras di Xinjiang, yang telah dipercepat dalam dua tahun terakhir setelah kedatangan Sekretaris Partai Komunis Chen Quanguo, yang dikirim ke Xinjiang dari Tibet.

Pada bulan Maret, para anggota parlemen di wilayah utara Gilgit-Baltistan, bagian dari Koridor Ekonomi China-Pakistan senilai $ 62 miliar, menuntut pemerintah China membebaskan 50 wanita Uighur yang menikah dengan pria Pakistan yang ditahan di Xinjiang dengan tuduhan terorisme yang tidak jelas.

Di Kazakhstan, ratusan keluarga Kazakh menyerukan kepada pemerintah mereka untuk menekan China agar membebaskan kerabat yang ditahan .

Beijing telah berulang kali membela diri atas kebijakannya di Xinjiang. Dalam jumpa pers hari Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan pariwisata ke Xinjiang “membuktikan situasi Xinjiang yang baik saat ini”.

“Jika Xinjiang tidak aman, stabil dan harmonis, maka tidak akan ada begitu banyak turis China dan asing yang pergi ke Xinjiang untuk melihat-lihat,” kata Geng. Dia mengatakan jumlah pengunjung ke wilayah itu telah meningkat lebih dari 30% pada tahun 2017 dari tahun sebelumnya.

Baca: Kemana Keadilan bagi Muslim Uighur di China? 

Pada Jumat, Departemen Anti-Korupsi China mengatakan sedang menyelidiki Nur Bekri, Kepala Badan Perencanaan Energi negara itu dan salah satu pejabat etnis Uighur yang paling senior. Bekri telah dituduh melakukan “pelanggaran disiplin dan hukum yang serius”, kutip People’s Daily. Istilah ini sering merupakan eufemisme untuk korupsi.

Kasus Bekri mungkin tidak terkait dengan tindakan keras di Xinjiang, tetapi penahanan pejabat minoritas telah menjadi bagian lain dari kampanye, menurut aktivis hak asasi.

Gubernur Xinjiang dari tahun 2008 hingga 2014 dan salah satu dari beberapa pejabat Uighur telah memperoleh jabatan tingkat nasional, ia telah mendukung sebagian besar kebijakan ketat Tiongkok di Xinjiang.

“Nasib Nur Bekri adalah tanda bagi semua orang Uighur bahwa tidak peduli seberapa setianya Anda kepada Partai Komunis Tiongkok, Anda adalah musuh yang sama dengan mereka,” kata Tahir Imin, seorang akademisi dan aktivis Uighur yang bermarkas di AS.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !