Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Pesawat Militer Rusia Hilang Kontak di Suriah

DS
Pesawat tempur Rusia
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa salah satu pesawat militernya, dengan 14 orang di dalamnya, telah hilang dari layar radar di atas wilayah Suriah.

“Kami kehilangan kontak dengan awak pesawat Il-20 di atas Laut Mediterania, sekitar 35 kilometer dari pantai Suriah, di tengah perjalanan kembali ke pangkalan udara Hmeimim,” kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Nasib personel militer belum diketahui hingga saat ini, dan pencarian pesawat sedang berlangsung,” lanjut pernyataan di atas, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (18/9/2018).

Baca: Pesawat Tempur Rusia Jatuh, 2 Pilot Tewas 

Sumber dari tim pencarian dan penyelamatan mengatakan kepada kantor berita Interfax, bahwa pesawat perang Rusia itu bisa saja tenggelam di Laut Mediterania sebagai akibat dari “insiden kritis yang tak terduga” di wilayah udara Suriah.

Seorang pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim ke kantor berita Reuters, mengatakan Washington percaya bahwa pertahanan Suriah mungkin secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat Rusia, yang dikira sebagai rudal Israel.

“Rudal itu tidak ditembakkan oleh militer AS dan kami tidak punya apa-apa lagi di sini (Suriah),” kata juru bicara Pentagon berupaya menghindari tudingan.

Baca: Oposisi Suriah Tembak Jatuh Pesawat Rusia

Kantor berita Rusia Tass mengutip kementerian pertahanan setempat, yang mengatakan: “Jejak Il-20 pada radar kontrol penerbangan hilang dalam serangan empat jet F-16 milik Israel di sekitar pangkalan Suriah di provinsi Latakia. Pada saat yang sama, sistem radar kontrol udara Rusia mendeteksi peluncuran roket dari Auvergne frigat Prancis yang terletak di wilayah itu.”

Seorang juru bicara militer Israel ketika ditanya tentang tudingan serangan terkait, mengatakan: “Kami tidak berkomentar tentang laporan asing.”

“Tentara Prancis menyangkal keterlibatan apa pun dalam serangan ini,” kata seorang jurubicara militer Prancis di lain pihak.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Universitas Madrid Pasang Patung Umar Khayyam

Universitas Madrid Pasang Patung Umar Khayyam

Total 6 Orang Wafat di Washington AS Akibat Coronavirus

Total 6 Orang Wafat di Washington AS Akibat Coronavirus

Inggris Minta Tekanan Keras Internasional Atas Suriah

Inggris Minta Tekanan Keras Internasional Atas Suriah

drone peledak Houthi

Koalisi Arab Cegat Tujuh Drone Peledak Houthi yang Menarget Saudi

Mengaku Stres Pendeta di Prancis Hancurkan Patung Yesus

Mengaku Stres Pendeta di Prancis Hancurkan Patung Yesus

Baca Juga

Berita Lainnya