Kamis, 4 Maret 2021 / 20 Rajab 1442 H

Internasional

Saudi Tegaskan Masalah Palestina jadi Prioritas Utama Agenda Liga Arab

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir
Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Jubeir menegaskan, bahwa masalah Palestina adalah prioritas utama bagi Saudi dalam pertemuan menteri luar negeri di KTT Liga Arab ke 29. Jubeir menyebut, Riyadh berusaha untuk memberikan rakyat Palestina hak-hak mereka.

Berbicara pada  pembukaan sesi ke-150 Dewan Liga Arab Jubeir mengatakan bahwa ketika Saudi memimpin sesi ke-149 pada bulan Maret lalu, ia tertarik untuk menyatukan sikap Arab, memajukan peran Liga Arab dan mengembangkan aksi bersama Arab sejalan dengan perkembangan terbaru dalam lingkup politik, sosial dan ekonomi di kawasan.

“Masalah Palestina adalah prioritas utama dan perhatian Saudi, yang berusaha untuk membantu mendapatkan kembali hak sah rakyat Palestina berdasarkan Prakarsa Perdamaian Arab dan resolusi legitimasi internasional untuk pembentukan negara Palestina merdeka pada 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” ucap Jubeir, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (12/09/2018).

Baca: Bahas Iran dan Suriah, Raja Salman Pimpin KTT Liga Arab

Diplomat senior Saudi itu kemudian menyatakan, pihaknya menolak proses apapun yang bertujuan untuk mengurangi status Yerusalem sebagai kota bersejarah dan sah bagi masyarakat Palestina.

Dia menambahkan, bahwa Raja Saudi Salman bin Abdulaziz menamai KTT Liga Arab ke-29 di Dhahran sebagai KTT Yerusalem. “Ini adalah terjemahan dari apa yang ada di dalam hati kita terhadap rakyat Palestina, yang merupakan saudara kita,” tukasnya.

Arab Saudi pada hari Kamis mengutuk pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel ketika para menteri luar negeri Liga Arab bertemu di Riyadh.

Baca: Raja Salman Tegaskan Dukungan Arab Saudi pada Palestina

Keputusan pemerintah Donald Trump merelokasi kedutaan AS di Israel ke Yerusalem (Baitul Maqdis) “menghambat upaya internasional untuk mengakhiri konflik Arab-Israel”, kata Adel Al Jubeir dalam pidato pembukaannya pada pertemuan persiapan untuk pertemuan Liga Arab ke 29 pada hari Ahad.

Arab Saudi akan mengambil “sikap tegas” dalam menempatkan konflik Palestina di puncak agenda KTT, kata Al Jubeir.

“Kami memperluas dukungan kami untuk hak Palestina untuk membangun tanah air mereka berdasarkan garis 1967 dengan Ibu Kota Yerusalem (Baitul Maqdis), sebagaimana dinyatakan dalam resolusi internasional dan inisiatif perdamaian Arab,” katanya.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Fasilitas Nuklir Korea Utara Sekarang Beroperasi Penuh

Fasilitas Nuklir Korea Utara Sekarang Beroperasi Penuh

t

Turki Memperingatkan Adanya Konspirasi Berbahaya terhadap Palestina

Kurun 3 bulan Seorang Petugas Kebersihan Cabuli 30 Pengungsi Anak Suriah

Kurun 3 bulan Seorang Petugas Kebersihan Cabuli 30 Pengungsi Anak Suriah

Razia Besar-besaran, Aparat Saudi Menangkap 174 Ribu Warga Asing Ilegal

Razia Besar-besaran, Aparat Saudi Menangkap 174 Ribu Warga Asing Ilegal

Pejabat AS, Israel, dan UEA Secara Rahasia Bertemu Bahas Iran

Pejabat AS, Israel, dan UEA Secara Rahasia Bertemu Bahas Iran

Baca Juga

Berita Lainnya