frontpage hit counter

Pakistan Luncurkan Kampanye ‘Beli Lira” Tanda Solidaritas Turki

Islamabad telah berada di belakang Ankara, mengakui peran tak ternilai yang berharga terhadap perdamaian dan stabilitas regional dan internasional

Pakistan Luncurkan Kampanye ‘Beli Lira”  Tanda Solidaritas Turki

Terkait

Hidayatullah.com—Pakistan meluncurkan kampanye ‘membeli lira Turki’ sebagai solidaritas, setelah negara itu mengalami krisis ekonomi yang parah akibat serangan ‘yang disengaja’ Amerika Serikat.

“Orang Pakistan dan Turki adalah satu bangsa. Turki selalu mendukung Pakistan … sekarang Turki membutuhkan kami dan kami sangat banyak di sana,” kata Asif Luqman Qazi, putra almarhum mantan pemimpin Jamaat-i-Islami Qazi Hussein Ahmed, seperti dikutip dari Anadolu, Ahad (19/8/2018).

Kampanye tiga hari yang diselenggarakan oleh politisi Pakistan, masyarakat sipil dan aktivis media sosial mendesak masyarakat untuk mengubah mata uang asing sebanyak yang mereka bisa ke lira.

Baca: AS Rancang Kejatuhan Mata Turki, Erdogan: Kami Punya Allah 

Kampanye “Beli Lira”  sebagai bentuk solidaritas terhadap Turki, yang menghadapi tekanan keuangan menyusul penahanan seorang pastor asal Amerika Serikat (AS) Andrew Brunson setelah terbukti sebagai mata-mata dan terlibat dalam kasus kudeta yang gagal.

Banyak warga Pakistan bergegas ke tempat penukaran uang lokal untuk membeli lira Turki di Ibu Kota Islamabad, Karachi, Lahore dan kota-kota lainnya.

Di Islamabad, acara utama diselenggarakan bersama oleh politisi dan aktivis media sosial di Islamabad Press Club.

Di Karachi, pedagang, media sosial dan aktivis masyarakat sipil, termasuk wartawan berkumpul di luar Press Club Karachi untuk mengekspresikan solidaritas terhadap Turki.

“Orang Turki tidak boleh menganggap mereka sendirian dalam perang melawan hegemoni. Rakyat Pakistan bersama mereka,” ujar Presiden Asosiasi Pedagang Kecil Karachi, Mahmood Hamid, yang membeli 200 lira Turki dari pertukaran uang lokal di pasar Zainab.

“Sebelumnya, lira bukan mata uang yang populer di Pakistan, itu sebabnya kami memiliki stok terbatas. Namun permintaan untuk lira Turki mencatat peningkatan mendadak dalam beberapa hari terakhir,” jelasnya.

Minggu lalu, satu lira dijual seharga 21 rupee Pakistan di Pakistan. Saat ini, satu lira dijual seharga 25 rupee, menurut Hussain, yang menambahkan bahwa di pasar gelap, harganya lebih tinggi, naik menjadi 28 rupee.

Baca: Turki Pernah Pindahkan Cadangan Emas 220 Ton dari Bank Federal AS

Anggota parlemen Azad Kashmir, Abdul Rasheed Turabi, mengatakan orang-orang Pakistan keluar dari jalan mereka menuju pertukaran mata uang lokal untuk membeli singa Turki sebagai tanda dukungan.

“Setiap negara memiliki hak untuk mengatur sesuai dengan hukumnya sendiri. Tidak ada negara yang memiliki hak untuk campur tangan dalam urusan negara lain. Turki memiliki hak untuk mempertahankan kedaulatannya, “katanya.

Turki berada di tengah krisis keuangan yang menghancurkan dengan devaluasi mata uangnya selama beberapa hari terakhir yang diduga dilakukan Amerika.

Islamabad telah berada di belakang Ankara, mengakui peran tak ternilai yang berharga terhadap perdamaian dan stabilitas regional dan internasional. Perdana Menteri Imran Khan juga telah menyatakan dukungan untuk Turki melalui tweetnya awal pekan ini.

Upaya solidaritas yang terus berlangsung telah mendorong ribuan orang di seluruh negeri untuk membeli lira Turki, memaksa penukar uang untuk menyediakan mata uang Turki lebih banyak untuk mengatasi permintaan yang terus meningkat.

“Kami menyediakan lira Turki secara darurat karena permintaan untuk mata uang telah meningkat dalam beberapa hari terakhir,” kata Khalid Hussain, seorang pejabat di Piracha Money Exchange Karachi.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !