Turki Mulai Muak Perilaku Amerika Serikat

Turki Mulai Muak Perilaku Amerika Serikat
Haber7
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu

Terkait

Hidayatullah.com–Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Çavusoglu mengecam Amerika Serikat (AS) di tengah ketegangan dalam hubungan antara kedua negara, setelah adanya keputusan Presiden Donald Trump untuk melipatgandakan tarif baja dan aluminium yang sudah ada pada impor Turki.

Cavusoglu secara tersirat mengatakan bahwa Ankara sudah mulai muak denan AS, dengan mengatakan bahwa Turki telah melakukan cukup banyak tindakan untuk memperbaiki hubungannya dengan AS.

Diplomat senior Turki itu kemudian mengatakan, bahwa AS harus belajar bahwa itu tidak akan mencapai hasil positif dengan mengancam Turki. “Kami mendukung diplomasi dan negosiasi, tetapi tidak mungkin bagi kami untuk menerima sanksi dan pengenaan tarif,” kata Cavusoglu,  dilansir Sputnik, Senin (13/08/2018).

Baca: AS Rancang Kejatuhan Mata Turki, Erdogan: Kami Punya Allah

Sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga mencatat bahwa keputusan Trump untuk melipatgandakan tarif atas impor logam bertentangan dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Hubungan antara Washington dan Ankara telah mengalami peningkatan ketegangan dalam beberapa tahun terakhir karena penolakan Turki untuk membebaskan Pastor Andrew Brunson, asal Amerika yang ditangkap pada tahun 2016 karena terlibat dalam kudeta gagal dan kasus mata-mata.

Akibat kasus ini, Amerika mengancam Turki dengan cara menjatuhkan perekonomian yang mebuat nilai mata uang lira jatuh.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !