Dompet Dakwah Media

100 Tentara Yaman Tak Jelas Kabarnya Setelah Pemberontak Houthi Kuasai Desa

Tiga satuan Brigade Amalika telah dikepung di desa Duraihimi, sebelah selatan Al-Hudaidah oleh pemberontak Syiah al Houthi dukungan Iran

100 Tentara Yaman Tak Jelas Kabarnya Setelah Pemberontak Houthi Kuasai Desa

Terkait

Hidayatullah.com–Sekitar 100 tentara Yaman telah terbunuh, terluka atau ditawan oleh kelompok Pemberontak Syiah al-Houthi di desa Duraihimi, Provinsi Al-Hudaidah.

Juru bicara Brigade Amalika yang berafiliasi dengan Pemerintah Yaman, Abdullah al-Shabi, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa milisi bersenjata al Houthi telah membunuh atau menawan sekitar 100 tentara Yaman di provinsi Al-Hudaidah sejak Minggu kemarin.

Al-Shabi mengatakan bahwa tiga satuan Brigade Amalika telah dikepung di desa Duraihimi, sebelah selatan Al-Hudaidah oleh pemberontak Syiah al Houthi dukungan Iran.

Al-Shabi menyebut bahwa pasukan tersebut tak dapat membuat taktik perang yang baik sehingga mengalami kekalahan.

Baca: Jenderal Tertinggi Yaman Gabung Saudi Melawan 

Sangat sulit, kata Al-Shabi, untuk memperoleh informasi rinci terkait jumlah dan kondisi para tentara di sana. “Houthi telah mengambil kendali seluruh wilayah itu,” tambah dia.

Kekalahan ini merupakan kekalahan terbesar yang dialami pasukan Yaman sejak operasi militer yang digelar untuk mengambil alih Provinsi Al-Hudaidah dan pelabuhannya dari kendali kelompok pemberontak al Houthi pada Desember 2017 lalu.

Di sisi lain, melalui sebuah pernyataan, pemberontak al Houthi menuturkan, lebih dari 150 tentara tewas atau terluka atau ditawan dalam pengepungan itu.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa 10 kendaraan militer milik tentara Yaman telah dihancurkan.

Baca: Saudi Tunjukkan Bukti Rudal Balistik Pemberontak Syiah Houthi Berasal dari Iran

Pasukan Yaman pada Selasa lalu melancarkan operasi militer terhadap kelompok Houthi di desa Duraihimi.

Yaman dilanda perang sejak 2014, ketika kelompok pemberontak Syiah al Houthi menguasai Ibu Kota Sana’a dan sebagian besar wilayah negara, sehingga memaksa pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melarikan diri ke Arab Saudi.

Pada 2015, Arab Saudi dan sekutunya melancarkan kampanye udara besar-besaran untuk menggulingkan pertahanan Houthi.

Menurut PBB, perang saudara Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 jiwa dan menyebabkan lebih dari 11 persen dari keseluruhan populasi mengungsi.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !