Dompet Dakwah Media

Grafiti Anti-Semit Resahkan Warga Yahudi Bosnia

Jumlah Muslim Bosnia meliputi 51% dari jumlah penduduknya, sisanya Kristen 46%,  3% (termasuk nonagamis dan Yahudi)

Grafiti Anti-Semit Resahkan Warga Yahudi Bosnia
balkaninsight

Terkait

Hidayatullah.com–Para pemimpin Yahudi di Bosnia  kaget dengan banyaknya  potongan grafiti anti-Semit (anti Yahudi) ditemukan pada Kamis malam di Sarajevo dan di Tuzla pada bangunan tempat tinggal anggota komunitas.

Komunitas Yahudi Bosnia mengutuk insiden, seperti yang dilakukan Abdulah Skaka, Walikota Sarajevo, yang mengutuk mereka sementara juga menekankan koeksistensi berabad-abad dari komunitas agama yang berbeda di negara itu.

“Kami menerima berita ini dengan penyesalan dan kepahitan, sadar bahwa insiden ini tidak akan melanggar hubungan baik dengan tetangga yang dibangun oleh orang Yahudi Bosnia dengan sesama warga dari kelompok etnis dan agama lainnya.

“Kami menyerukan kepada pihak yang berwenang untuk mengidentifikasi dan menghukum para pelaku,” kata komunitas Yahudi dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Jumat dilansir dari Balkan Insight.

Pernyataan itu memuat catatan Bosnia yang diklaim sebagai ‘negara toleransi‘,  tanpa sejarah insiden anti-Semit.

Baca: Yahudi Tak Ada Hubungan dengan Bangsa Semit 

Komunitas Yahudi di Bosnia relatif kecil,   sekitar 1.000 anggota. Mereka hancur dalam Perang Dunia Kedua ketika Bosnia diduduki oleh Nazi Jerman dan sekutu Fasis Kroasia mereka, dan banyak lainnya yang tersisa selama perang 1992-1995 di Bosnia yang banyak mengorbankan umat Islam.

“Warga Sarajevo telah menyuburkan kekayaan budaya yang berbeda selama beberapa dekade, dan rasa hormat antar agama telah dilestarikan di Sarajevo bahkan di masa tersulit dan kami yakin bahwa … tindakan ini tidak akan diterima di kota ini,” Kantor Wali Kota Sarajevo dikutip balkaninsight.

Keamanan lokal dan lembaga statistik tidak menyimpan data terpisah mengenai kejahatan kebencian yang berhubungan secara etnis atau agama di Bosnia.

Satu-satunya data yang tersedia tentang tren ini berasal dari Misi OSCE ke Bosnia, yang mempertahankan “Monitor Hate” bulanan.

Baca: Genosida Bosnia vs Holocaust 

Edisi terbaru dari Juni menunjukkan 12 insiden melaporkan bulan itu: satu kasus kekerasan fisik, empat kerusakan properti, empat grafiti ofensif, empat situs agama yang merusak, tiga serangan verbal dan satu kasus menampilkan simbol ofensif.

Wali Kota Skaka dan administrasi Kota Sarajevo meminta lembaga yang kompeten untuk mengidentifikasi para pelaku, menghukum mereka dengan tepat dan memberi tahu masyarakat tentang kasus ini.

Jumlah Muslim Bosnia meliputi 51% dari jumlah penduduknya, sisanya Kristen 46%,  3% (termasuk nonagamis dan Yahudi). Komunitas Yahudi sekitar 1000 orang.

Orang Bosnia umumnya dikaitkan dengan Islam, orang Kroasia di Bosnia dengan Gereja Katolik Roma, dan orang Serbia di Bosnia dengan Gereja Ortodoks Serbia. */Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !