Ahad, 23 Januari 2022 / 19 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Menlu Jerman: Eropa Tak Bisa Lagi Andalkan Amerika Serikat

Menlu Jerman Heiko Maas.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Menteri Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa Eropa tidak lagi dapat mengandalkan Amerika Serikat. Komentarnya itu mencerminkan hubungan kurang nyaman sekutu-sekutu tradisional AS dengan pemerintah Washington pimpinan Donald Trump.

Heiko Maas, menteri luar negeri Jerman, hari Senin (16/7/2018) mengatakan bahwa Eropa tidak lagi dapat mengandalkan Amerika Serikat. “Untuk memelihara kemitraan kita dengan AS kita harus mengkalibrasinya ulang,” kata Maas kepada kelompok media Funke seperti dilansir DW. “Konsekuensi nyata pertamanya adalah kita perlu lebih saling mendekatkan diri di Eropa.”

Komentar Maas itu dibuat beberapa jam sebelum pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki, dan setelah pekan lalu Trump menyeru agar sekutu-sekutunya di NATO lebih banyak menganggarkan dana untuk belanja pertahanan, serta sebutan “musuh” dagang yang disematkan Trump kepada Uni Eropa.

Trump juga pernah menuliskan kata-kata yang “melecehkan” Heiko Maas di Twitter bulan Mei lalu.

“Tidak sabar bertemu dengan menteri luar negeri Jerman yang baru @HaikoMass di Gedung Putih. Saya yakin Hico dan putra saya Barron (yang baru berusia 12 tahun, red) akan menjadi teman baik, karena mereka sepertinya seumuran dan Barron senang berpakaian seperti Harry Potter juga. Sungguh mengagumkan. Tanda-tanda baik. #MAGA #USA,” tulis presiden yang paling banyak berkicau di Twitter sedunia itu.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Perundingan damai intra-afghanistan taliban as

Pemimpin Taliban Memperingatkan AS Melanggar Kesepakatan Doha

Taliban Desak Maskapai Internasional Terbang ke Kabul

Taliban Desak Maskapai Internasional Terbang ke Kabul

Iran Luncurkan Dasi dan Boneka Jilbab

Iran Luncurkan Dasi dan Boneka Jilbab

Qari’ Indonesia Juarai MTQ Internasional di Maroko

Qari’ Indonesia Juarai MTQ Internasional di Maroko

LSM Inggris Bela Kasygari

LSM Inggris Bela Kasygari

Baca Juga

Berita Lainnya