Bendera Turki Berkibar di Qatar Sambut Kemenangan Erdogan

Makanan penutup nasional Qatar disajikan untuk menandai kemenangan Erdogan di ibukota Doha

Bendera Turki Berkibar di Qatar Sambut Kemenangan Erdogan
The Peninsula
Hotel Sheraton di Doha, Qatar, telah diterangi oleh bendera Bintang Bulan Turki dan gambar Erdogan

Terkait

Hidayatullah.com—Hotel Sheraton di Doha, Qatar,  telah diterangi oleh bendera Bintang Bulan Turki saat Presiden Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan umum, tulis laman The Peninsula.

Salah satu tempat paling penting di Qatar, di depan hotel diterangi oleh bendera Turki serta gambar presiden Recep Tayyip Erdogan.

“Hubungan Turki-Qatar sangat kuat dan mereka akan menjadi lebih kuat dengan kemenangan Presiden Erdogan,” kata Duta Besar Turki di Qatar, Fikret Ozer ketika berbicara dengan The Peninsula.

Ozer mengatakan bahwa keberhasilan Presiden Erdogan dalam pemilihan adalah bersejarah dan sangat penting bagi kawasan ini. “Tahun lalu melalui referendum, Turki mengubah konstitusi yang menggantikan sistem pemerintahan parlementer dengan sistem presidensial. Pada 24 Juni 2018, baik Presiden Erdogan dan Aliansi Rakyat yang terdiri dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) meraih kemenangan dalam pemilihan presiden dan parlemen yang diadakan secara bersamaan, ”katanya.

Baca: 90 Persen Suara Terhitung, Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat pada Erdogan

Dia mengatakan bahwa Turki secara geografis bertempat di lokasi strategis dan wilayah sekitarnya menghadapi berbagai konflik dan tantangan seperti Suriah, Palestina dll.

“Turki menjadi negara penting di kawasan ini dan sebagai kepala OKI harus memainkan peran penting. Sekarang setelah kemenangan Presiden Erdogan, Turki dapat membuat keputusan penting dan mendesak untuk membawa stabilitas dan perdamaian di kawasan itu, ”tambahnya.

Ozer mengatakan bahwa di Turki terlalu banyak proyek besar sedang berlangsung yang akan selesai pada kecepatan yang lebih cepat setelah pemilihan Erdogan.

Dia mengatakan hubungan Turki-Qatar sangat kuat meliputi bidang politik, ekonomi dan keamanan. “Kemenangan Presiden Erdogan di bawah sistem presidensial yang baru akan membuat hubungan ini lebih kuat,” katanya.

Pada krisis Teluk saat ini, Ozer mengatakan Turki berusaha mencari solusi dari masalah itu karena juga ingin memelihara hubungan dengan Arab Saudi dan negara-negara lain yang terlibat dalam krisis.

Baca: Erdogan Unggul Pilpres, Penduduk Gaza Rayakan Kemenangan

Dia mengatakan bahwa hubungan ekonomi antara Turki dan Qatar diperkuat setelah pengenaan pengepungan terhadap Qatar.

“Volume perdagangan bilateral kami yang $ 860 juta pada tahun 2016 meningkat menjadi $ 1,3 miliar tahun 2017; melonjak 64 persen dalam satu tahun, ”katanya.

Duta Besar mengatakan bahwa perjanjian antara dua negara untuk meningkatkan perdagangan bilateral dan investasi akan ditandatangani dalam beberapa bulan, kemungkinan besar pada bulan Agustus tahun ini, yang akan membuat prosedur birokrasi lebih mudah untuk investasi bilateral dan perdagangan serta memperkenalkan beberapa pengecualian pajak.

Kemenangan pemilihan Presiden Erdoğan di Twitter mejadi ‘trending topik’. Pesan di Qatar #Qatar-Turki satu hati” dan “#Erdoğan adalah masa depan Turki.”  

Makanan penutup nasional Qatar disajikan untuk menandai kemenangan Erdogan di Ibu Kota Doha salah satu tempat wisata Souq Waqif.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !