Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri 3 dari 34 Uskup Chile Terkait Kasus Pendeta Pedofil

Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri 3 dari 34 Uskup Chile Terkait Kasus Pendeta Pedofil
Uskup Juan Barros, dituding melindungi pendeta pedofil kelas berat di Chile.

Terkait

Hidayatullah.com—Paus Fransiskus telah menerima surat pengunduran diri tiga uskup Chile, termasuk uskup Juan Barros yang kontroverisal, di tengah-tengah mengemukanya kembali kasus pedofila di lingkungan gereja.

Dilansir BBC, keputusan Paus menerima pengunduran diri 3 dari 34 uskup itu diumumkan dalam sebuah pernyataan yang dirilis Vatikan hari Senin (11/6/2018).

Selain Barros, Cristian Caro Cordero (uskup agung Puerto Montt) dan Gonzalo Duarte de Cortazar (uskup Valparaiso) akan diganti.

Tidak jelas apakah pengunduran diri 31 uskup lainnya akan diterima juga oleh Vatikan.

Paus Fransiskus menjadi terlibat dalam skandal yang menyelimuti Juan Barros ketika dia membela uskup tersebut saat melawat ke Chile bulan Januari lalu. Kala itu Fransiskus menyatakan bahwa tuduhan yang ditujukan kepada Barros adalah fitnah.

Pengangkatan Barros sebagai uskup Osorno pada tahun 2015 mendapatkan penentangan keras dari warga Katolik, yang terus menerus menggelar protes agar Barros diproses hukum karena menutup-nutupi skandal pendeta pedofil.

Warga Katolik Chile menuding Barros menggunakan jabatannya di gereja untuk menyembunyikan kebejatan mentornya, Romo Fernando Karadima, yang dinyatakan bersalah oleh Vatikan melakukan kejahatan seksual terhadap anak-anak.

Sekitar 80 pendeta Katolik Roma telah dilaporkan kepihak berwenang dengan tuduhan kejahatan seksual selama 18 tahun terakhir.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !