Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Jadi Tersangka Penipuan, Miliarder Perhiasan India Minta Suaka ke Inggris

Bagikan:

Hidayatullah.com—Nirav Modi, perajin perhiasan yang karyanya dipakai artis papan atas Hollywood dan Bollywood, mencari suaka ke Inggris menyusul tuduhan penipuan, lapor BBC mengutip Financial Times.

Miliarder India itu menghilang pada bulan Februari setelah menjadi tersangka penipuan di Punjab National Bank sebesar $2 miliar.

Kepolisian India telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas miliarder batu mulia itu.

Perusahaan yang mengelola toko-tokonya di India sudah ditutup, dan aset-asetnya disita, termasuk rekening-rekening bank dan mobil-mobil mewah.

Selama delapan tahun terakhir, Modi sukses membangun perusahaan perhiasan internasional dengan toko-toko tersebar di London, New York dan Hong Kong, menjual kalung dan anting-anting bertahtakan berlian.

Kesuksesannya menjadikannya salah satu orang terkaya di India, dengan harta pribadi mencapai $1,75 miliar, menurut Forbes.

Awal tahun ini Punjab National Bank (PNB), bank terbesar terbesar kedua di India milik pemerintah, menuding Modi dan pamannya Mehul Choksi melakukan penipuan sehingga bank merugi sekitar $2,2 miliar.

Pihak PNB mengatakan keduanya memberikan jaminan bodong, yang dikeluarkan oleh staf PNB yang korup, untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank lain.

Baik Modi maupun Choksi membantah melakukan kesalahan apapun.

Financial Times melaporkan bahwa sekarang ini Modi sudah berada di London dan mencari suaka dengan alasan politik. Laporan tersebut mengutip pejabat-pejabat Inggris dan India.

Pihak Kementerian Dalam Negeri Inggris mengatakan tidak dapat memberikan komentar terhadap kasus-kasus individu, lapor BBC Senin (11/6/2018).*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Mesir:  Berselisih dengan Hamas, Tak Berarti Diam Atas Krisis

Mesir: Berselisih dengan Hamas, Tak Berarti Diam Atas Krisis

Al Zawahiri: Salafi Tidak Terlibat Pembunuhan Dubes AS

Al Zawahiri: Salafi Tidak Terlibat Pembunuhan Dubes AS

CIA Latih Mata-mata Buru Gerilyawan Iraq

CIA Latih Mata-mata Buru Gerilyawan Iraq

Taliban Bebaskan Aktivis  Yunani

Taliban Bebaskan Aktivis Yunani

Setelah Mengkudeta Presiden Omar Al-Bashir, Pimpinan Dewan Militer Sudan Mundur

Setelah Mengkudeta Presiden Omar Al-Bashir, Pimpinan Dewan Militer Sudan Mundur

Baca Juga

Berita Lainnya